5+ Kebiasaan Orang Bali (Ngayah, Sangkep, Nguopin)

Kebiasaan Orang Bali – Indonesia adalah negara dengan beribu pulau, serta beragam suku dan kebudayaan. Di antara suku tersebut yang mungkin paling terkenal hingga mancanegara adalah suku Bali. Pasalnya pulau bali menjadi salah satu destinasi wisata terbaik di dunia. Bali sendiri juga mempunyai suku khas atau suku asli sendiri, suku tersebut adalah suku Bali Aga.

Suku tersebut merupakan suku asli pulau Bali, namun sekarang ini pulau Bali banyak dihuni oleh orang dari luar bali, bahkan banyak turis yang menetap dibali. Selain itu ornag bali juga mempunyai beberapa kebiasaan unik, diluar bahasa makanan, musik, dan tarian yang unik. Berikut diantaranya.

1. Bahasa Bali

Seperti halnya di wilayah lainnya, Bali juga mempunyai bahasa khas. Bahasa yang dipakai di Bali yakni bahasa Bali.

2. Makanan Khas Bali

Bali juga mempunyai makanan khas sendiri, diantara makanan khas bali ialah: babi guling, ayam betutu, Lawar, sate lilit, urutan, dan kuah komoh.

3. Alat Musik Khas Bali

Seperti suku lainnya di Indonesia, Bali juga mempunyai alat musik khas, diantaranya ialah: gong, angklung, dan gender

4. Baju Adat Khas Bali

  • Pakaian atau Baju tak ada yang namanya secara khusus. Apabila untuk orang menikah atau ada upacara potong gigi  (metatah) biasanya menggunakan pakian payas ageng (sudah termasuk, baju, hiasan rambut, dan make up), dan juga pakaian payas madya (sama dengan pakaian payas ageng, bedanya cuman hiasan kepala lebih rendah).
  • Sedangkan pakaian adat untuk pergi ke pura ialah kebaya, kamen (kain untuk ke pura), selendang (untuk wanita). Dan untuk Udeng (ikat kepala), {pakaian} safari, kamen, selempot (untuk pria)

5. Tarian Khas Bali

Di bali juga mempunyai tarian khas, bahkan tarian khas bali sudah dikenal hingga mencanegara. Tarian bali tersebut diantaranya adalah tari pendet, tari panyembrama, tari joged, dan tari bumbung. Beberapa tarian tersebut merupakan tarian perjunjukan yang sering dipertontonkan kepada khalayak banyak. Selain itu, ada namanya tarian rejang dewa yang secara khusus dilakukan saat melakukan persembahan, dan umumnya ditarikan di pura).

6. Kebiasaan Orang Bali Lainnya

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan diatas, orang atau masyarakat bali sering melakukan tradisi atau kebiasaan tertentu. Diantaranya sebagai berikut:

  • Ngayah, yakni kegiatan atau aktivitas yang dikerjakan secara sukarela menjelang upacara di pura.
  • Sangkep atau Paruman, Yakni rapat antar masyarakat desa. Umumnya dikerjakan di balai desa.
  • Nguopin, yakni kegiatan yang umumnya dikerjakan antar saudara, seperti menolong secara sukarela.

Nha, itulah 6 kebiasaan orang bali pada umumnya menurut, bahasa, pakaian, makanan, tarian, musik, dan kebiasaan lainnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai kebiasaan orang bali, dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *