Kebiasaan Orang Maluku (Tradisi, Budaya, Adat Istiadat)

Budaya Maluku adalah aspek kehidupan yang mencakup adat istiadat, kepercayaan, seni dan kebiasaan lainnya yang dijalani dan diberlakukan oleh masyarakat Maluku. Maluku adalah sekelompok pulau yang merupakan bagian dari Nusantara. Maluku berbatasan dengan Timor di sebelah selatan, pulau Sulawesi di sebelah barat, Irian Jaya di sebelah timur dan Palau di timur laut. Maluku memiliki beragam budaya dan adat istiadat mulai dari alat musik, bahasa, tarian, hingga seni budaya

Tradisi Maluku merupakan aspek kehidupan yang meliputi adat istiadat, kepercayaan, seni dan adat istiadat lainnya yang dijalani dan dilakukan oleh masyarakat Maluku sendiri. Maluku yakni sekelompok pulau yang merupakan bagian dari kepulauan Indonesia. Maluku sendiri berwilayah diperbatasan dengan Timor di sebelah selatan, Irian Jaya di sebelah timur, pulau Sulawesi di sebelah barat, dan Palau di timur laut.

kebiasaan orang maluku

Seperti halnya suku dan wilayah di Indonesia lainnya, Maluku mempunyai bermacam-macam tradisi atau kebiasaan dan adat istiadat mulai dari bahasa, alat musik, tarian, sampai seni tradisi. Diantara kebiasaan atau adat istiadat tersebut, berikut yang merupakan kebiasaan ciri khas dari Maluku.

Pukul Sapu

Pukul Sapu merupakan kebiasaan atau tradisi yang dilaksanakanoleh penduduk desa Mamala yang terletak di pulau Ambon. Kebiasaan ini dilakukan seminggu sesudah hari raya Idul Fitri oleh kaum pria dengan bertelanjang dada dan dengan memakai celana pendek dan ikat kepal mereka menjalankan aktraksi pukul memukul sapu lidi yang terbuat dari tulang daun pohon mayang (Pohon Enau).

Makan Patita

Makan Patita dijalankan untuk merayakan hari-hari besar seperti 17-an, HUT kota dan lain-lain. Makan Patita merupakan kebiasaan istiadat makan bersama sekelompok masyarakat dengan menyajikan menu makanan khas dari Maluku seperti kokohu, ikan asar, patatas rebus, singkong rebus dan lain sebagainya. Tiap-tiap rumah akan memasak menu khas dari Maluku dalam jumlah banyak yang kemudian menu-menu tersebut akan dibawa ke lokasi makan patita untuk dimakan bersama-sama.

Malam Badendang

Badendang dalam bahasa Ambon Maluku berarti menari atau bergoyang. Adat kebiasaan Malam Badendang adalah sarana untuk berkumpul bersama keluarga dan membangun kebersamaan dalam hidup sosial bermasyarakat. Dalam acara ini para peserta acara akan berdansa atau menari tari-tarian setempat seperti tarian katreji dan orlapei. Acara Malam Berdendang berlangsung semalam suntuk ini juga dimeriahkan dengan musik karoke dan juga makanan khas dari Maluku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *