Klimaks adalah? Pengertian Klimaks Dalam Teks Drama

375

Drama itu adalah aktivitas yang berupa karya ilustrasi atau gambaran kehidupan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan dialog ataupun prolog yang biasanya juga dipertontonkan kepada orang lain atau orang banyak. Sedangkan pengertian teks drama adalah karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Pementasan naskah drama dikenal dengan istilah teater.

Dalam drama juga tidak lepas dengan struktur plot atau alur, struktur alur drama sendiri yaitu eksposisi, komplikasi, resolusi dan klimaks, berikut masing-masing penjelasannya!

1. Eksposisi
Pengertian eksposisi dalam alur drama dapat kita anggap sebagai pendahuluan atau intro dari drama. Pada bagian ini, diceritakan tentang karakter karakter yang ada dalam drama tersebut. Dalam drama musikal, bagian ini merupakan bagian yang memiliki sedikit musikalitas.

Pada bagian ini pulalah, diajukan konflik atau permulaan berkembangnya konflik. Contoh pada drama musikal Romeo dan Juliet, dimulai dari pertemuan antara Romeo dan Juliet dan cerita adanya perselisihan diantara kedua keluarga besar mafia ini. Bagian tersebut adalah bagian eksposisi dari drama musikal Romeo dan Juliet.

2. Komplikasi
Bagian ini merupakan bagian yang dapat dijelaskan sebagai pertengahan cerita pada umumnya sebuah drama. Pada bagian ini di dominasi oleh clash atau pertentangan ataupun konflik yang terus terus hingga puncak.

Berbagai rintangan bermunculan pada alur pada bagian komplikasi. Contoh pada drama musikal romeo dan juliet adalah terjadinya perkelahian dan pertempuran antara kedua kelompok mafia besar akibat Juliet yang ingin direbut oleh Romeo dan perebutan daerah kekuasaan orang tua masing masing.

3. Resolusi
Pengertian resolusi dalam alur drama adalah sebuah penyelesaian dari konflik itu sendiri. Jadi pada bagian komplikasi terdapat titik puncak dari konflik yang disebut klimaks. Beirkut pengertian mengenai klimaks

Pengertian Klimaks Dalam Teks Alur Drama

Pengertian klimaks dalam konteks teks drama adalah tahap di mana puncak konflik terjadi yang menentukan perubahan penting mengenai nasib beberapa tokoh di dalamnya.

Klimaks atau dalam bahasa inggris berarti turning point merupakan salah satu alur pada teks drama. Bagian klimaks ini merupakan bagian yang besar dan paling mendebarkan. Klimaks ini menentukan perubahan nasib para tokohnya di dalamnya, apakah para tokoh yang ada di dalam teks drama tersebut mampu menyelesaikan konflik-konflik yang terjadi atau tidak. Pada alur drama, klimaks merupakan titik batas yang memisahkan komplikasi dan resolusi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here