Latar Belakang Penyebab Peristiwa Bandung Lautan Api Singkat

183

Peristiwa Bandung Lautan Api adalah sebuah peristiwa kebakaran besar yang terjadi di kota Bandung, provinsi Jawa Barat, Indonesia pada 23 Maret tahun 1946. Dalam waktu kurang lebih tujuh jam, sekitar 200.000 penduduk Bandung membakar rumah mereka, meninggalkan kota menuju pegunungan di daerah selatan Bandung. Hal ini dilakukan untuk mencegah tentara Sekutu dan tentara NICA Belanda untuk dapat menguasai dan menggunakan kota Bandung sebagai markas strategis militer dalam Perang Kemerdekaan Indonesia. Berikut latar belakang singkat mengenai latar belakang peristiwa bandung lautan api.

Latar Belakang Peristiwa Bandung Lautan Api Singkat

Peristiwa Bandung Lautan Api – Sejak bulan Oktober 1945, pasukan AFNEI memasuki Kota Bandung. Ketika itu TKR bersama rakyat sedang berjuang merebut senjata dari tangan Jepang. AFNEI menuntut kepada oasukan Indonesia untuk menyerahkan senjata dan disusul ultimatum yang memerintahkan TKR meninggalkan Kota Bandung Utara paling lambat tanggal 29 Oktober 1945.

Namun, ultimatum tersebut tidak dipedulikan oleh TKR dan rakyat Bandung. TKR yang dipimpin Arudji Kartawinata melakukan serangan terhadap kedudukan AFNEI. Keadaan itu berlanjut sampai memasuki tahun 1946. Untuk kedua kalinya pada tanggal 23 Maret 1945, AFNEI mengeluarkan ultimatum agar TRI meninggalkan Kota Bandung.

Bersamaan dengan itu sehari sebelumnya, pemerintah RI dari Jakarta mengeluarkan perintah yang sama, Akhirnya TRI Bandung patuh terhadap pemerintah meskipun dengan berat hati. Sambil mengundurkan diri, TRI membumihanguskan Kota Bandung bagian Selatan. Dalam pertempuran di Bandung, Mr. Thoha gugur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here