Latar Belakang Perang Dunia 2 (1939–1945)

605

Latar Belakang Perang Dunia II – Perang Dunia 2 adalah peperangan kedua kalinya yang terjadi di dunia dengan kekuatan bersenjata antarbeberapa Negara di dunia yang terjadi pada tahun 1939-1945. Perang ini berbentuk perang urat syaraf, saling lempar benda-benda, perang menggunakan senjata, sinar laser, kilatan listrik berenergi tinggi, menyebarkan kuman-kuman (perang biologis), perang menggunakan racun dan gas kimia, perang dengan sembunyi-sembunyi sabotase, dan serangan mendadak (perang gerilya), dan lain-lain.

Perang Dunia I merupakan perang kekuatan bersenjata yang berlangsung antara tahun 1914-1918. Peristiwa itu telah menelan jutaan nyawa, hancurnya bangunan, dan putusnya persaudaraan bagi umat manusia. Perjanjian damai yang dibuat sesudah berakhirnya Perang Dunia I ternyata tidak memberikan jaminan bahwa perdamaian akan lestari di dunia.

Negara-negara yang kalah dalam Perang Dunia I (terutama Jerman) berusaha tidak mengindahkan semua butir perjanjian yang telah dibuatnya. Dengan demikian, bencana perang yang lebih dahsyat tak dapat dihindari sehingga meletuslah Perang Dunia II (1939-1945). Berikut latar belakang kenapa perang dunia 2 bisa meletus adalah sebagai berikut.

Lahirnya Negara-Negara Fasisme

Sebab utama perang dunia ke 2 bisa meletus karena kemunculan Negara-negara berhaluan fasisme. Alasannya, fasis merupakan lawan demokrasi dan mengakibatkan munculnya pertentangan ideology antarnegara.

Fasisme adalah sebuah ideologi yang berdasarkan prinsip kepemimpinan dengan otoritas absolut dimana perintah pemimpin dan kepatuhan berlaku tanpa pengecualian. Menjadi sangat penting dalam ideologi fasis, karena ideologi ini selalu membayangkan adanya musuh, sehingga pemimpin dan militer harus kuat menjaga negara. Negara-negara yang manganut ideologi atau faham fasisme diantaranya adalah Jerman, Jepang, dan Italia.

Pemimpin fasisme Jerman adalah Adolf Hitler. Ia mendirikan partai National Sozialistiche Deuitsche Arbeiter Partei(NSDAP) yang lebih dikenal dengan nama Nazi pada tahun 1921. Ia pun membentuk tentara pribadi yang dinamakan Schutz Staffeln (S.S.) atau Pasukan Penjaga. Menurut Hilter, ras Aria telah diciptakan untuk mempimpin dunia. Hilter kemudian membangun armada angkatan perang yang kuat dan berusaha menguasai Negara-negara di dunia.

Pemimpin fasisme di Jepang adalah Kaisar Hirohito, Jepang mulai tampil sebagai Negara industri yang maju. Negara ini menghadapi kendala kurangnya bahan bakudan daerah pemasaran hasil industri. Untuk mengatasinya, Jepang melancarkan politik ekspansi ke Negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Tidak terkecuali di Indonesia.

Kepemimpinan fasis di Italia dikenalkan oleh Benito Musolini. Pada tahun 1919 musolini mendirikan partai yang bernamaFascio di Combattimento di Kota Milan. Musolini antara lain berupaya menyatukan daerah-daerah yang berbahasa Italia seperti Malta, Corsica, Nice, Savoye, dan Tirol Selatan dengan semangat Italia Irridenta (Italia yang belum dibebaskan).

Timbulnya Pertentangan Ideologi Antarnegara

Sesudah Perang Dunia I, muncul tiga kelompok Negara yang saling bertentangan paham atau ideologinya, yaitu sebagai berikut.

  • Negara-negara totaliter kanan yang berpaham fasis, yaitu Jerman, Italia, dan Jepang
  • Negara-negara kiri yang berpaham komunis, yakni Uni Soviet (sekarang Rusia).
  • Negara-negara demokrasi berpaham liberalis, seperti Prancis, Inggris, dan Amerika Serikat.

Perlombaan Persenjataan Antarnegara

Negara-negara yang berbeda idelogi seperti fasis, komunis, dan liberalis bersaing memperebutkan hegemoni dunia. Inggris menciptakan armada udaraRoyal Air Force dan jerman membuat kapal tempur Bismarck dengan peluru kendali Vergeltung (pembalasan). Jepang membangun armada laut dan telah memiliki kapal tempur terbesar di dunia yang di namai Yamato dan Musashi.

LBB gagal mewujudkan tugas perdamain dan Keamanan dunia

Selain penyebab diatas, sebab utama terjadinya perang dunia ke ii adalah gagalnya LBB (Liga Bangsa Bangsa) mewujudkan tugas perdamaian dan keamanan dunia. LBB merupakan organisasi dunia yang di harapkan mampu menjaga perdamaian dan keamanan dunia. Gagalnya upaya LBB telah menyebabkan organisasi dunia tersebut tidak memiliki wibawa di mata dunia internasional.

Selain latar belakang diatas, masih ada latar belakang khusus mengapa perang dunia ke 2 bisa terjadi. Jadi silahkan baca: Latar belakang Khusus Perang Dunia 2

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here