Latar Belakang Pertempuran Puputan Margarana

1341

Puputan Margarana – Perang Puputan Margarana adalah salah satu Pertempuran Rakyat Indonesia melawan kolonialisme belanda untuk Mempertahankan Kemerdekaan.Pertempuran ini dipimpin oleh Kepala Divisi Sunda Kecil Kolonel I Gusti Ngurah Rai. Dimana Pasukan TKR di wilayah ini bertempur dengan habis habisan untuk mengusir Pasukan Belanda yang kembali datang setelah kekalahan Jepang, untuk menguasai kembali wilahyahnya yang direbut Jepang pada Perang Dunia ke 2.

Latar Belakang Pertempuran Puputan Margarana

Latar Belakang pertempuran ini adalah akibat dari ketidakpuasan akan hasil Perjanjian Linggarjati. Perlawanan rakyat Bali ini dipimpin oleh I Gusti Ngurah Rai. Pada tanggal 18 November 1946 tentara Ngurah Rai atau pasukan Ciung Wanara menyerang Tabanan. Belanda membalas serangan tersebut dengan menyerang Bali dan Lombok. Kekuatan yang tidak seimbang menyebabkan I Gusti Ngurah Rai melaksanakan perang Puputan atau perang sampai mati. Perang besar-besaran ini terjadi di Margarana. Dan pada tanggal 29 November 1946 I Gusti Ngurah Rai gugur.

Pertempuran rakyat untuk melawan kolonialisme belanda untuk memperjuangkan kemerdekaan? Di pimpin oleh I Gusti Ngurah Rai dan berhasil mengalahkan belanda dengan mendirirkan Negara Indonesia Timur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here