Macam Macam Start Jongkok Dalam Lari Jarak Pendek

785

Macam-macam start jongkok – Atletik dikenal sebagai induk dari berbagai cabang olahraga, yang merupakan gerak dasar manusia yaitu jalan, lari, lompat dan lempar. Cabang olahraga Atletik sendiri terbagi menjadi dua nomor yaitu nomor lintasan dan nomor lapangan. Dari nomor lintasan dan nomor lapangan itu terbagi lagi, untuk nomor lintasan terdiri dari nomor lari (Sprint) dan jalan (Run). Sedangkan di nomor lapangan terdiri dari nomor lompat (Jump) dan lempar (Throw).

Dalam olahraga lari jarak pendek atau sprint, merupakan salah satu olahraga atletik cabang lari. Olahraga lari jarak pendek sendiri memiliki berbagai macam panjang lintasan, mulai dari 100, 200, hingga 400 meter. Dalam olahraga lari jarak pendek, untuk startnya menggunakan start jongkok. Start Jongkok dalam olahraga lari pendek sendiri terbagi menjadi 3 macam, diantaranya ada Start Jongkok Posisi Pendek (Bunch Start), Start Jongkok Posisi Menengah (Medium Start), dan Start Jongkok Posisi Panjang (Long Start).

Macam Macam Start Jongkok Dalam Lari Jarak Pendek

Awalan ini disebut jongkok karena pada saat melakukannya, atlet menunjukkan posisi tubuh yang berjongkok. Seluruh teknik yang digunakan pada awalan ini telah diatur sedemikian rupa agar seluruh tubuh dapat memberikan tolakan yang cukup kepada si pelari agar dapat berlari dengan kencang. Bahkan, energi tolakan yang diberikan pada awalan ini lebih besar jika dibandingkan dengan teknik awalan lain.

Macam-Macam  Start Jongkok Dalam Lari Jarak Pendek

Ada 3 Macam Start Jongkok dalam Olahraga cabang atlteik Lari Pendek, yaitu sebagai berikut:

1. Start pendek (Crouching start)

Pada garis start sampai block start depan diukur 16 inchi. Ketika melakukan jongkok lutut salah satu kaki berada di depan ujung kaki yang lain. Jika berdiri, bagian ujung kaki belakang kaki berada di samping tumit. Teknik start ini akan menghasilkan kecepatan yang tinggi jika dilakukan secara benar, teapi untuk anak-anak teknik start ini tidak cocok digunakan, sebab dengan posisi kaki yang berdekatan, peran kedua tangan juga akan terasa lebih berat, sehingga teknik start ini sesuai bila digunakan oleh atlet yang terlatih.

2. Start menengah (Medium start)

Pada garis start sampai block start depan diukur 21 inchi. Ketika melakukan jongkok lutut kaki bagian belakang berada di samping lekukan telapak kaki depan. Teknik ini dapat menghasilkan kecepatan yang tinggi. Saat posisi ini dilakukan atlet perlu mengeluarkan tenaga yang cukup besar untuk melesat jauh dari block start dengan kecepatan tinggi. Karena itu teknik ini banyak digunakan oleh para atlet.

3. Start panjang (long start)

Pada garis start sampai block start depan diukur 21 inchi, dengan jarak antar block 26 inchi diantara block. Ketika melakukan jongkok  lutut kaki bagian belakang berada di samping atau kira-kira sejajar dengan tumit kaki bagian depan atau bagian lutut berada sedikit lebih mundur, kedua telapak kaki saling berjauhan. Pada teknik ini jarang dilakukan oleh para atlet, hanya pelari yang mempunyai kaki panjang saja dalam melakukan teknik start ini.

Nah, itulah 3 macam start jongkok dalam lari jarak pendek beserta cara melakukan startnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai pelajaran altletik dengan kata kunci start Lari Jarak pendek, Istilah Start jongkok Lari Jarak Pendek, dan cara melakukannya. Sekian dan semoga bermanfaat untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here