Matriks Singular dan Non-Singular (Contoh Soal)

702

Matriks singular adalah matriks yang tidak bisa di invers. Matriks tidak bisa diinvers karena nilai determinan dari matriks tersebut adalah nol. Sedangkan matriks non singular (matriks non invertable) adalah matriks yang bisa diinvers yang mana nilai determinan dari matriks tersebut tidak sama dengan nol.

Intinya matrik singular adalah matriks yang determinannta sama dengan nol atau tidak memiliki invers sedangkan matriks non singular kelabikannya.  Agar Anda paham bagaimana membedakan matriks singular dan matriks non singular anda bisa mempelajarinya dari sumber di bawah ini.

Matriks Singular dan Non-Singular

Suatu matriks persegi A dikatakan singular apabila det(A) = 0, jika det (A) ≠ 0 maka dikatakan matriks yang tak singular. Matriks yang tak singular mempunyai invers, sedangkan matriks singular tidak mempunyai invers.
Selain itu, singularitas suatu matriks segi A dapat juga ditentukan melalui pangkat/rank suatu matriks. Pangkat/rank suatu matriks segi A yang dinotasikan p(A) atau  r(A) didefenisikan sebagai ordo terbesar anak matriks A yang determinannya tidak nolMatriks segi A dikatakan singular bila r(A) < n.
Matriks Singular dan Non-Singular (Contoh Soal)
Menentukan pangkat/rank suatu matriks dapat juga ditentukan melaui serangkaian operasi elementer, sebagaimana teorema berikut :

Teorema: Pangkat matriks hasil serangkaian operasi dasar sama dengan pangkat matriks asal.

Matriks Singular dan Non-Singular (Contoh Soal)

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai matriks singular dan non singiular yang dapat saya bagikan beserta contoh soalnya. Demikian artikel mengenai materi pelajaran Matematika dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here