Mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat di Indonesia

358

Agama yang masuk pertama kali di Indonesia adalah Hindu-Buddha. Namun sebelum masuknya agama ke Indonesia, masyarakat Indonesia manganut sistem kepercayaan Animisme dan Dinamisme. Animisme adalah Animisme adalah suatu kepercayaan yang menyakini bahwa segala sesuatu memiliki jiwa/roh, sedangkan Dinamisme adalah suatu kepercayaan yang menyakini bahwa setiap benda (baik mati maupun hidup) mempunyai kekuatan atau daya yang sifatnya gaib.

Lalu kenapa sekarang agama mayoritas di Indonesia adalah agama Islam? Karena agama Islam cepat diterima oleh masyarakat Indonesia. Agama Islam sendiri masuk ke Indonesia memiliki didasarkan ke dalam 3 Teori, yaitu Teori Gujarat, Teori Persia dan Teori Mekkah. Ketiga teori tersebut bisa Anda simak ke dalam penjelasan berikut: Sejarah Masuknya Islam ke Indonesia Lengkap

Mengapa agama Islam cepat sekali menyebar di Indonesia dan sekarang ini menjadi agama mayoritas di Indonesia tentunya tidak terlepas dari berbagai faktor di dalamnya. Lalu apa saja faktor mengenapa Islam mudah diterima oleh Masyarakat Indonesia, Beirkut penjelasan lengkapnya!

Mengapa Islam Mudah di Terima di Indonesia

Alasan mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat di Indonesia adalah sebagai berikut:

  1. Syarat untuk masuk Islam sangat mudah, yaitu hanya perlu mengucap 2 kalimat Syahadat.
  2. Islam tidak mengenal sistem kasta (pembagian golongan masyarakat) sebagaimana yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia pada Zaman Hindu.
  3. Islam sangat memperhatikan kesejahteraan umatnya, karena Islam meminta umatnya untuk saling tolong menolong sesama dengan bersedekah.
  4. Penyebaran Islam di pulau Jawa banyak dilakukan dengan beragaman kesenian, yaitu seperti yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga yang mempertunjukan wayang kulit, dan juga seperti pertunjukan gamelan yang dilakukan oleh Sunan Bonang.
  5. Cepat diterimanya Islam sendiri juga tidak terlepas dari sifat bangsa Indonesia yang ramah tamah walapun dengan bangsa lain sekalipun.
  6. Upacara keagamaan dan peribadatan dalam Islam mudah untuk dilakukan, contohnya seperti sholat.

Selain faktor di atas, alasan mengapa islam cukup mudah diterima masyarakat Indonesia karena Islam membawa ajaran yang baik dan benar serta Islam sangat cocok dengan perilaku dan sikap masyarakat Indonesia. Selain itu, karena agam islam tidak mendesak seseorang untuk masuk ke dalam agama Islam, di dalam agama Islam tidak ada paksaan jika seseorang tersebut ingin masuk Islam.

Nah, itulah jawaban mengapa Islam bisa cepat diterima oleh masyarakat di Indonesia dan hingga saat ini menjadi agama mayoritas di Indonesia. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai sejarah agama Islam dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here