Mengapa Kita Harus Mengimani Malaikat Allah Swt

182

Mengapa kita harus mengimani malaikat allah swt? Karena malaikat adalah ciptaan Allah Swt. yang selalu patuh dan taat padanya, dan malaikat¬†merupakan salah satu dari Rukun Iman, yaitu Rukun Iman yang ke 2. Selain itu beriman kepada malaikat sudah Allah Swt. peintahkan dalam kitab Al-qur’an.

Kata “malaikat” berasal dari kata malak, bentuk jamaknya adalah malaikah. Kata malak memiliki arti “risalah” atau “mengemban amanat”. Dari makna tersebut malaikat berarti utusan Allah Swt. yang dengan patuh dan tunduk mengemban semua amanat Allah Swt. yang diberikan kepadanya. Malaikat adalah hamba Allah. Malaikat Allah ciptakan dari nur ( cahaya). Malaikat merupakan hamba Allah yang hanya memiliki akal sehingga malaikat selalu ta’at kepada Allah.

Malaikat termasuk makhluk Allah yang bersifat ghaib (tidak dapat dijangkau oleh indera manusia). Hanya Allah Swt. yang dapat mengetahui hakikat malaikat. Allah Swt. menganugerahkan kepada malaikat akal dan pemahaman serta menciptakan bagi mereka naluri untuk taat. Allah Swt. juga memberi mereka kemampuan untuk berbentuk dengan berbagai bentuk serta kemampuan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat.

Pengertian Iman Kepada Malaikat

iman kepada malaikat menurut istilah yaitu percaya atau yakin bahwa malaikat itu makhluk gaib ciptaan Allah yang senantiasa patuh menjalankan tugas dan tidak pernah durhaka sedikit pun. Dengan demikian, mengimani malaikat Allah berarti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menciptakan salah satu makhluk-Nya yang bernama malaikat yang memiliki sifat-sifat tertentu dan tugas-tugas tertentu.

Di antara sifat-sifat malaikat adalah selalu patuh kepada Allah dan tidak pernah durhaka kepada-Nya.Adapun di antara tugas-tugas malaikat adalah membagi rizki, menyampaikanwahyu, mencabut nyawa, dan lain sebagainya.

10 Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui dan Tugasnya

Berikut beberapa nama malaikat dan tugas mereka yang wajib kita ketahui

  1. Malaikat jibril, bertugas menurunkan wahyu kepada nabi dan rasul
  2. Malaikat mikail, bertugas menurunkan rahmat kepada manusia
  3. Malaikat israfil, bertugas meniup sangkakala pada hari kiamat
  4. Malaikat izrail, bertugas mencabut nyawa
  5. Malaiakat raqib, bertugas mencatat amal manusia
  6. Malaiakat atib, bertugas mencatat amal manusia
  7. Malaikat mungkar, bertugas menanyakan manusia di alam kubur
  8. Malaikat nakir, bertugas menanyakan manusia di alam kubur
  9. Malaikat malik, bertugas menjaga pintu neraka
  10. Malaikat ridwan, bertugas menjaga syurga

Kita wajib mengimani malaikat walaupun malaikat termasuk ke dalam makhluk ghaib (tidak bisa di lihat oleh mata telanjang). Beriman kepada malaikat merupakan salah satu rukun iman sebagaimana  hadist nabi yang di riwayatkan oleh imam muslim. Rukun iman menurut hadis nabi yang di riwayatkan oleh imam muslim itu ada 6 perkara, yaitu sebagai berikut.

  1. Beriman kepada Allah
  2. Beriman kepada malaikat-malaikat
  3. Beriman kepada kitab yang Allah turunkan
  4. Beriman kepada rasul yang Allah utuskan
  5. Beriman kepada hari kiamat
  6. Beriman kepada Qada dan Qadar

Nah, itulah mengapa kita harus beriman kepada malaikat allah swt, beserta nama-nama malaikat beserta tugasnya, demikian artikel yang dapat saya share mengenai iman kepada malaikat, dan semoga bermanfaat.