Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

70

Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat – Untuk mencegah atau menanggulangi konflik di masyarakat diperlukan apa yang namanya norma dalam kehidupan sosial masyarakat. Kita selaku manusia, baik kita disadari atau tidak disadari, tentu sudah terbiasa dengan yang namanya norma. Lalu apa itu norma? Norma adalah sebuah aturan atau ketentuan yang mengikat setiap warga atau kelompok dalam bermasyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku setiap warga atau kelompok. Sehingga norma mempengaruhi tingkah laku manusia dalam masyarakat yang tujuannya untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Oleh karena itu, setiap warga masyarakat harus menaati norma yang berlaku.

Mengapa Norma Diperlukan Dalam Masyarakat

Norma sangat diperlukan dalam masyarakat agar dalam sebuah masyarakat itu tercipta aturan yang sesuai, sehingga seluruh warga masyarakat maupun kelompok dapat hidup dengan tentram tanpa ada gangguan maupun yang lainnya.

Norma atau etika diperlukan dalam masyarakat karena untuk menciptakan ketertiban dalam masyarakat. Supaya kehidupan bersama dalam masyarakat dapat berjalan aman dan tertib. Sedangkan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat adalah karena dengan adanya norma maka kehidupan bermasyarakat menjadi lebih tertib dan tercipta keamanan dalam masyarakat.

Alasan dari terbentuknya norma dalam masyarakat bisa dikatakan sebagai sebagaimana sebuah hukum atau peraturan yang muncul di masyarakat. Dalam kehidupannya sendiri, seorang manusia akan secara otomatis menjadi makhluk sosial yang dimana mmepunyai pengertian bahwa makhluk sosial tersebut merupakan seorang makhluk atau individu yang dimana memerlukan manusia lainnya untuk bisa hidup dan berkembang biak. Umumnya, manusia atau individu tersebut hidup dalam sebuah kelompok, dimana kelompok tersebut berbentuk kelompok komunal dan juga kelompok materiil.

Selain itu, kebutuhan atau keperluan setiap manusia sendiri berbeda-beda, jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, seperti sudut pandang setiap individu dan kelompok maka hal tersebut akan membentuk sebuah permasalahan akan kepentingan. Sehingga, untuk menghindari hal tersebut lah, dibuat sebuah norma (etika) diantara setiap individu dan juga kelompok, sehingga norma tersebut menjadi sebuah pedoman dan juga perilaku untuk membuat keseimbangan yang terjadi di masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here