Mimikri adalah? Apa Itu Mimikri dan Contohnya

Mimikri adalah? – Dalam metari pelajaran Biologi, pasti akan dijarkan mengenai materi mengenai kemampuan hewan beradaptasi dengan lingkungan. Salah satu dari kemampuan tersebut adalah kemampuan spesies atau hewan dalam melakukan mimikri. Lalu apa itu mimikri, tujuan hewan melakukan mimikri, dan contoh apa saja hewan yang mampu melakukan mimikri. Berikut penjelasan dan contohnya.

 

Apa itu Mimikri?

Mimikri adalah sebuah kemampuan spesies untuk mengubah warna kulitnya menyerupai lingkungan sesuai tempatnya tinggal yang disinggahi. Jadi, spesies tersebut akan berganti warna kulitnya seperti warna tempat ia sedang singgah. Contohnya adalah hewan bunglon yang mampu merubah warnanya seperti warna tempatnya berada. Jika berada di sekitar daun yang bewarna merah, bunglon tersebut bisa merubah warnanya menjadi warna merah, dan warna lainnya seperti tempat yang ia sedang singgahi. Tujuan bunglon atau spesies lain melakukan mimikri tidak lain adalah untuk menghindari predator.

Sedangkan dalam dunia biologi revolusioner, mimikri adalah suatu kemampuan proses evolusi yang terjadi pada beberapa spesies yang mampu menjadi sama persis dengan spesies lain(berkamuflase seperti spesies lain). Mimikri biasanya terjadi pada beberapa spesies yang mampu menyerupai spesies lain, hal tersebut bertujuan untuk menghindar dari bahasa, misalnya seperti berhadapan dengan predator spesies tersebut.

Contoh spesies mimikri yang mampu menyerupai spesies lainnya adalah lalat bunga yang memiliki bentuk menyerupai tawaon atau lebah. Banyak jenis dari lalat, salah satu yang menyerupai tawon adalah lalat kerbau eropa. Dimana biasanya lalat ini menempel ke bunga untuk bertindak layaknya seperti tawon bila bertemu dengan sang predator lalat tersebut.

 

Perbedaan Kamuflase dan Mimikri

Kamuflase dan Mimikri mempunyai perbedaan yang cukup mendasar, dimana hewan yang berkamuflase tidak bisa merubah warna kulitnya seperti tempatnya berada, karena hanya menyesuaikan warna saja. Contohnya adalah ular hijau, ular hijau tidak bisa merubah warna kulitnya tetapi bisa menyesuaikan warnanya dengan daun yang bewarna hijau.

Sedangkan Mimikkri adalah kemampuan hewan yang mampu merubah warnanya seperti tempat yang sedang ia singgahi. Contoh hewan yang memiliki kemampuan mimikri adalah Bunglon, karena mampu merubah warna kulitnya seperti warna tempat yang sedang ia singgahi. Misalnya, bunglon pada dasarnya bewarna hijau, lalu menempel di daun yang bewarna kuning. Nah, bunglin tersebut bisa merubah warna kulitnya menjadi warna kuning karena mempunyai kemampuan mimikri.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu mimikri dan contoh hewan apa saja yang mampu melakukan mimikri. Demikian artikel informasi yang dapat saya bagikan mengenai pengertian mimikri dan semoga bermanfaat untuk  Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *