26 Nama Kementerian dan Tugasnya di Indonesia

23
Nama Kementerian dan Tugasnya

Nama Kementerian dan Tugasnya – Kementerian biasanya berada dalam suatu kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri, presiden, atau kanselir. Suatu pemerintahan biasanya memiliki banyak kementerian, masing-masing menangani urusan pemerintahan tertentu. Kementerian sangat bervariasi antar negara, beberapa yang umum antara lain Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kesehatan.

Kementerian umumnya berada dalam suatu kabinet yang dipimpin oleh seorang perdana menteri, atau presiden. Suatu pemerintahan umumnya mempunyai banyak kementerian, di Indonesia sendiri setidaknya lebih dari 20 kementerian, dan asing-masing kementrian menangani urusan pemerintahan tertentu. Berikut nama-nama kementrian di Indonesia beserta tugasnya lengkap.

26 Nama Kementrian di Indonesia Beserta Tugasnya

  1. Kementerian dalam negeri:
    Menyelenggarakan urusan di bidang pemerintahan dalam negeri untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  2. Kementerian Luar negeri:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang politik dan hubungan luar negeri dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  3. Kementerian Pertahanan:
    Menyelenggarakan urusan di bidang pertahanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  4. Kementerian Hukum dan HAM:
    Menyelenggarakan urusan di bidang hukum dan hak asasi manusia dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  5. Kementerian Keuangan:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang keuangan negara untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  6. Kementerian ESDM:
    Menyelenggarakan urusan di bidang energi, dan sumber daya mineral dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  7. Kemeneterian Perindustrian:
    Menyelenggarakan urusan di bidang perindustrian dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  8. Kementerian Perdagangan:
    Menyelenggarakan urusan di bidang perdagangan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  9. Kementerian Pertanian:
    Menyelenggarakan urusan di bidang pertanian dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  10. Kementerian Kehutanan:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  11. Kementerian Perhubungan:
    Menyelenggarakan urusan di bidang perhubungan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  12. Kementerian Kelautan dan Perikanan:
    Menyelenggarakan urusan di bidang kelautan, dan perikanan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  13. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang ketenagakerjaan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  14. Kementerian  Pekerjaan Umum:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pekerjaan umum dan perumahan rakyat untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  15. Kementerian Kesehatan:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang kesehatan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  16. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan masyarakat, serta pengelolaan kebudayaan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  17. Kementerian Sosial:
    Menyelenggarakan urusan di bidang rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, perlindungan sosial, dan penanganan fakir miskin untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  18. Kementerian Agama:
    Menyelenggarakan urusan di bidang keagamaan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  19. Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi kreatif:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kepariwisataan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  20. Kementerian Komunikasi dan Informatika:
    Menyelenggarakan urusan di bidang komunikasi, dan informatika dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  21. Kementerian Sekretariat negara:
    Menyelenggarakan dukungan teknis dan administrasi serta analisis urusan pemerintahan di bidang kesekretariatan negara untuk membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  22. Kementerian Riset dan Teknologi:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang riset, teknologi, dan pendidikan tinggi untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  23. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan menengah:
    Menyelenggarakan urusan di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  24. Kementerian Lingkungan Hidup:
    Menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang lingkungan hidup dan kehutanan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  25. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak:
    Menyelenggarakan urusan di bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.
  26. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi:
    Menyelenggarakan urusan di bidang pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara.

Nah, itulah 26 kementrian di Indonesia beserta tugasnya masing-masing. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai nama kementrian dan tugasnya di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here