Negara Yang Memiliki Pulau Galapagos (TTS)

420
5/5 (2)

Kepulauan Galápagos atau sering disebut dengan Galapagos saja adalah sebuah pulau atau kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau yang jumlahnya 13, baik pulau yang berapi maupun yang berbatuan. Secara letak, Pulau Galapagos terletak di Samudra Pasifik sekitar 1.000 kilometer disebelah barat pesisir Amerika Serikat. Lalu dimana letak pulau Galapagos? Berikut jawbannya beserta informasinya.

Negara apa yang memiliki Pulau Galapagos?

Pulau atau Kepulauan Galapagos merupakan bagian dari Negara Ekuador (secara politis). Secara politis, kepulauan Galapagos merupakan bagian dari negara Ekuador. Pulau yang di klaim memiliki berusia lebih dari 4 juta tahun, dan menjadi salah satu pulau dengan gunung berapi paling aktif di dunia. Galapagos sendiri terkenal di dunia karena memiliki spesies endemis, seperti iguana darat, laut, kura-kura raksasa dan beberapa burung akademis pulau galapagos seperti pinguin dan burung laut.

Pad atahun 1959, Galapagos resmi ditetapkan sebagai cagar ulam yang 97,5% wilayah dari kepulauan ini dilindungi oleh pemerintah, sedangkan 3%-nya digunakan sebagai pemukiman warga yang sudah lama menetap di pulau tersebut. Setidaknya sektar 1 hingga 2 ribu orang yang tinggal di sana, dan hingga kini sudah lebih dari 15.000 yang ada di pulau galapagos.

Pada tahun 1986, Kepulau Galapagos resmi ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO, karena terdapat cadangan kelautan yang besar berada di sana. Secara histori, Kepulauan Galapagos terbentuk karena adanya ledakan besar dari Gunung berapi aktif yang ada di Galapagos.

Di tahun 2001, yayasan Charles Darwin mendedikasikan untuk pemerliharaan kepulauan ini di Belgia sejak tahun 1959. Dan Darwin menerbitkan bukunya mengenai Kepulauan Galapagos yang berjudul “On The Origin Of The Species” yang didalamnya mengukuhkan kecurigaan tidak berubahnya spesies yang ada di dalamnya.

Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Gal%C3%A1pagos_Islands

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here