Nomaden adalah? Pengertian Nomaden dan Macamnya

1003

Nomaden adalah istilah mengenai bangsa pengembara. Nomandem bisa dikatakan sebagai komunitas masyarakat yang memilih berpindah-pindah tempat dalam hidupnya, seperti pindah dari tempat satu ke tempat lainnya untuk menyambung hidupnya. Bila di suatu tempat memiliki persediaan makanan yang hampir atau sudah habis, maka masyarakat Nomaden akan berpindah tempat ke wilayah yang memiliki persediaan yang masih banyak, dan ini sering dilakukan oleh manusia purba pada zaman dulu.

Dan nenek moyang kita dulu selalu melakukan apa yang namanya Nomaden sebelum dikenalnya pembagia wilayah di bumi. Namun sekarang ini kebiasaan tradisional Nomaden semakin lama atau semakin kesini hanya dilakukan oleh beberapa kelompok masyarakat saja dan semakin berkurang di negara-negara yang telah mengalami Industrialisasi.

Macam-Macam Nomaden

Kebiasaan Nomaden atau berpindah-pindah tempat masih terbagi ke dalam 3 macam, yaitu sebagai berikut.

  1. Nomaden pemburu-peramu (memburu-meramu), yaitu metode bertahan hidup yang dilakukan manusia purba zaman dulu dengan cara berpindah tempat mengikuti musim dan berburu hewan buruan dan juga tumbuhan liar.
  2. Nomaden pengembala, yaitu pengembala yang memelihara terhak melakukan berpindahan tempat dengan peliharaannya, agar ladang yang menjadi tempat pengembalaan tidak habis dan bisa diperbaiki lagi, serta bertujuan mencari padang rumput lainnya.
  3. Nomade pengelana, yaitu kebiasaan nomaden yang biasanya dilakukan di negara-negara yang telah mengalami industrialisasi, dimana para pelakunya selalu berpindah-pindah tempat untuk menawarkan barang dagangannya dimanapun mereka singgah.

Kebiasaan nomaden masih dilakukan di beberapa wilayah seperti jazirah arab, afrika, dan juga beberapa suku pedalaman di Indonesia untuk mencari lahan sumber makanan, seperti beternak, mencari binatang buruan, berladang, dan lain sebagainya.