Pelopor Pelukis Modern Indonesia

590

Lukisan adalah sebuah karya seni yang pembuatannya dilakukan dengan menggunakan memulaskan kuas lukis yang sebelumnya sudah diberi cat ke dalam kertas, kancas, kain, dan lain sebagainya. Lukis sendiri memulaskan berbagai warna atau gradasi warna ke dalam komposisi tertentu dan membentuk sebuah objek yang ingin dilukiskan.

Istilah untuk orang yang melakukan pelukisan dimanakan dengan pelukis. Dalam dunia seni, pelukis adalah seorang yang menciptakan karya seni berbentuk dua dimensi diatas kanvas, kertas, kain dan lain sebagainya. Istilah lain dari seornag pelukis adalah ahli gambar, karena orang tersebut bisa membuat karya seni yang menakjubkan dan tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut.

Di Indonesia sendiri juga ada komunitas untuk para pelukis Indonesia yang bernama Persatuan Ahli Gambar Indonesia (Persagi) pada tahun 1938. Komunitas tersebut bertujuan sebagai ajang belajar bersama dan berbagi tips serta informasi antara pelukis Indonesia saat itu.

Pelukis di Indonesia pada masa modern memiliki banyak sekali tokoh terkenal dengan karya-karyanya yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, mulai dari Pirngadi, Henk Ngantung, Suyono, Suharjo, Wakidi dan lain-lain. Lalu apakah Anda tahu siapa pelopor pelukis modern Indonesia, berikut informasinya.

Tokoh Pelopor Pelukis Modern Indonesia

Pelopor pelukis modern Indonesia adalah Raden Saleh. Tokoh yang sering dipanggil R. Saleh adalah pelopor seni rupa modern Indonesia yang sebagian karya-karyanya bernilai tinggi dan cukup dikenal luas di masyarakat. Kemahiran beliau sudah terbukti nyata dalam melukis dengan teknik modern barat yang dikombinasikan dan disesuaikan dengan ciri khas nusantara. Raden Saleh di Indonesia memiliki julukan Sang Pembaru.

Pelukis yang memiliki nama lengkap Raden Sjarif Bestaman tersebut lahir di tahun 1807 (tanggal dan bulan tidak diketahui). Belia lahir di Terboyo, dekat semarang, Jawa Tengah. Saat masih berusia sekitar 10 tahun, Raden Saleh diserahkan kepada pamannya yang saat itu menjabat sebagai Bupati Semarang dan saat itu Indonesia masih dijajah oleh Belanda (Hindia-Belanda).

Bakat menggambar dari Raden saleh sudah terlihat sejak kecil dengan kegemaran akan menggambar. Bakat di bidang seni cukup menonjol dan skill menggambar Raden Saleh sudah diatas rata-rata anak sepantarannya. Dan sejak bersekolah di sekolah rakyat (Volks School) Beliau sering menggambar walaupun tidak sedang dalam pelajaran menggambar. Meskipun begitu, Raden Saleh tidak pernah dimarahi karena para guru kagum dengan hasil gambaran Raden Saleh.

Bakat melukis dari Raden Saleh juga semakin terasah saat belajar dengan pelukis asal Belgia bernama A.A.J. Payen yang pernah di datangkan ke Indonesia oleh Belanda untuk melukis pemandangan di Pulau Jawa. Ketertarikan Payen kepada Raden Saleh, membuat Raden Saleh disekolahkan di Belanda supaya bakat melukisnya semakin Matang.

Nah, itulah tokoh pelopor pelukis modern Indonesia yang cukup terkenal bernama Raden Saleh. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai dunia seni rupa dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here