Pengertian dan 5 Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Negara

216

Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu kata Panca yang berarti “Lima, dan kata Sila yang berarti “Dasar”. Bisa disimpulkan bahwa Pancasila adalah Lima Dasar. Pancasila bagi bangsa Indonesia memiliki arti sebuah dasar negara bagi bangsa Indonesia.

Pancasila memiliki 5 sila yang di dalamnya terkandung beberapa makna, diantaranya yaitu terkadung nilai-nuli kehidupan bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Gagasan mengenai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi, dan keadilan sudah ada di Indonesia sebelum Indonesia merdeka.

Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Ideoligi berasal dari kata “Idea” yang mempunyai arti gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita dan logos yang berarti ilmu. Jadi Ideologi dapat diartikan sebagai Ilmu pengertian pengertian dasar. Dengan demikian Pancasila sebagai Ideologi Bangsa dimana pada hakekat-nya merupakan suatu hasil dari perenungan atau pemikiran Bangsa Indonesia.

Pancasila di angkat atau di ambil dari nilai-nila iadat-istiadat yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia, dengan kata lain pancasila merupakan bahan yang di angkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia.

Fungsi Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Indonesia

Sebagai Ideologi bangsa Indonesia, Pancasila memiliki 4 fungsi pokok utama, yaitu sebagai berikut:

  1. Mempersatukan bangsa, memelihara dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan itu. Fungsi ini sangatlah penting bagi bangsa Indonesia karena sebagai masyarakat majemuk sering kali terancam perpecahan.
  2. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. Pancasila memberi gambaran cita-cita bangsa Indonesia sekaligus menjadi sumber motivasi dan tekad perjuangan mencapai cita-cita, menggerakkan bangsa melaksanakan pembangunan nasional sebagai pengamalan Pancasila.
  3. Memberikan tekad untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa. Pancasila memberi gambaran identitas bangsa Indonesia, sekaligus memberi dorongan bagi nation and character building berdasarkan Pancasila.
  4. Menyoroti kenyataan yang ada dan mengkritisi upaya perwujudan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila menjadi ukuran untuk melakukan kritik mengenai keadaan Bangsa dan Negara.
  5. Pancasila sebagai pandangan hidup negara dan cara berpikir negara, dan prinsip dasar kenegaraan.

Nah, itulah pengertian mengenai pancasila sebagai ideologi negara beserta fungsi utama pancasila sebagai dasar ideologi bangsa. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai salah satu fungsi Pancasila dan semoga bermanfaat.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here