Pengertian dan Fungsi Epiglotis Singkat

61

Pengertian Epiglotis Epiglotis adalah suatu kondisi medis yang ditandai peradangan dan pembengkakan pada epiglotis yang biasanya disebabkan oleh infeksi atau luka pada tenggorokan. Epiglotis adalah jaringan penutup yang terletak di tenggorokan bagian belakang, yang membantu menutupi pipa udara (trakea) sehingga makanan diarahkan ke pipa (esofagus) yang membawa makanan turun ke lambung pas menelan.

Fungsi Epiglotis

Fungsi dari Epiglotis adalah melindungi sistem pernapasan sekaligus memastikan sistem pencernaan berlangsung normal. Epiglotis akan memastikan makanan dan minuman masuk ke dalam kerongkongan untuk dicerna dan bukan masuk ke tenggorokan yang merupakan saluran udara.

Caranya adalah pada saat kita menelan, epiglotis akan menutup tenggorokan. Selain hal tersebut di atas, epiglotis diketahui memiliki fungsi lainnya yakni sebagai artikulator pada produksi vokal atau suara serta konsonan faring.

Epiglotis digolongkan sebagai tulang rawan dan disebut sebagai pintu jebakan yang ada pada tenggorokan manusia. Epiglois bersifat elastis di mana pada permukaannya ditutupi oleh selaput lendir.

Intinya fungsi dari Epiglotis adalah Epiglotis berfungsi sebagai tutup fleksibel untuk tenggorokan yg menutup hanya saat menelan, dan tetap tegak di lain waktu, mencegah partikel makanan & cairan masuk ke laring & trakea.