Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln dan Maknanya

58

Dari sudut bahasa (etimologis), demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos yang berarti rakyat dan cratos atau cratein yang berarti pemerintahan atau kekuasaan. Jadi, secara bahasa, demos-cratein atau demos-cratos berarti pemerintahan rakyat atau kekuasaan rakyat.Konsep demokrasi lahir dari Yunani kuno yang dipraktikkan dalam hidup bernegara antara abad ke-4 SM – abad ke-6 M.

Sedangkan pengertian lainnya mengenai Demokrasi adalah suatu paham atau ideologi yang menganut keyakinan bahwa setiap rakyat memiliki hak dalam pengambilan keputusan bersama di negara tempat tinggal mereka, karena rakyat atau warga negara juga berhak dalam menentukan jalan hidup mereka. Demokrasi ini memiliki prinsip “kebebasan politik yang berkeadilan”.

Demokrasi atas dasar penyaluran kehendak rakyat ada dua macam,yaitu :

Demokrasi langsung
Demokrasi langsung adalah paham demokrasi yang mengikutsertakan setiap warga negaranya dalam permusyawaratan untuk menentukan kebijaksanaan umum dan undang-undang.

Demokrasi tidak langsung
Demokrasi tidak langsung adalah paham demokrasi yang dilaksanakan melalui system perwakilan. Demokrasi tidak langsung atau demokrasi perwakilan biasanya dilaksanakan melalui pemilihan umum.

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Demokrasi menurut Abraham Lincoln adalah pemerintahan suatu negara yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. (government of the people, by the people, and for the people)

Abraham Lincoln merupakan seorang Presiden Amerika Serikat yang keenambelas (16). Dalam definisinya tersebut, bisa disimpulkan bahwa konsep Demokrasi menurut Ambraham Lincoln memiliki makna sebagai berikut.

Dari rakyat, artinya bahwa suatu negara terbentuk karena adanya kekuasaan pemerintahan yang diberikan dari rakyat. Unsur dalam negara yang paling pokok adalah rakyat, karena semua hasil pemikirannya adalah dari rakyat. Dan perlu diingat pula, dalam suatu sistem demokrasi, pemerintah mendapatkan kekuasaan yang berasal dari rakyat.

Oleh rakyat, artinya bahwa dalam penyelenggaraan negara, rakyat harus diikutsertakan. Karena rakyat telah mendapatkan kekuasaan terbesar dalam posisi di negaranya, maka rakyat harus bertanggungjawab atas segala fasilitas yang disediakan pemerintah; masyarakat harus ikut menjaga ketertiban dan ketenteraman masyarakat lainnya di negara tersebut.

Untuk rakyat, artinya bahwa segala ketertiban dan ketenteraman yang dipelopori oleh masyarakat itu pada akhirnya akan menjadi hadiah bagi rakyat itu sendiri. Karena itulah, dalam membantu menjaga ketertiban rakyat harus mengingat bahwa semua itu adalah untuk diri rakyat sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here