Pengertian Komputerisasi Menurut Para Ahli dan Umum

469
5/5 (1)

Pengertian komputerisasi – Dari dulu hingga sekarang, perkembangan teknologi semakin berkembang setiap tahunnya. Teknologi yang cukup pesat tersebut banyak didominasi oleh perangkat atau alat bantu yang memudahkan pekerjaan manusia, yang sebelumnya dilakukan secara manual dan sekarang bisa dilakukan dengan lebih cepat, efisien, dan tidak memakan waktu banyak.

Salah satu pengeruh perkembangan teknologi yang cukup pesta ini adalah komputer. Bahkan, didalam berbagai bidang contohnya bidang industri, bidang politik, dan bidang pemerintah lainnya hampir sebagian besar menggunakan komputer untuk menjalankan berbagai kegiatan. Oleh karena itu peran komputer atau lebih tepatnya komputerisasi cukup berpengaruh bagi kehidupan masyarakat modern.

Nah, lalu apa itu itu definisi komputerisasi yang sesungguhnya? Berikut pengertian komputerisasi menurut para hali dan juga secara umum dari berbagai sumber yang bisa Anda ketahui atau kutip.

Pengertian Komputerisasi Secara Umum

Secara umum pengertian komputerisasi adalah suatu kegiatan atau usaha untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan yang biasanya dapat dikerjakan secara manual kemudian diubah dengan menggunakan perangkat atau alat bantu yang dinamakan komputer. (Sumber : Budi Sutedjo Dharma Oetomo, S. Kom, MM. Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi. 2002)

Komputer sendiri adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengola data menurut prosedur yang sudah diprogram dan dirumuskans sebelumnya. Komputer pada awalnya digunakan untuk menggambarkan orang yang sedang melakukan pekerjaannya seperti melakukan perhitungan aritmatika. Komputer sendiri pada awalnya diartikan sebagai alat bantu namun kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Pengertian Komputerisasi Menurut Para Ahli

Pada dasarnya komputerisasi merupakan istilah untuk menyebutkan proses revolusi penggunaan komputer. Berikut pengertian komputer menurut beberapa ahli di Indonesia.

Menurut Teguh Wahyono (2004:49), komputerisasi adalah kegiatan pengelolaan data yang dilakukan sebagian besarnya menggunakan komputer sebagai alat bantu.

Menurut Mohammad Faisal Amir (2006:10), komputerisasi adalah satu metode pengolahan data dengan komputer sebagai alat utama.

Menurut Nana Mulyana (2004:5), komputerisasi adalah suatu sistem elekronika yang bekerja secara otomatis untuk mengolah data secara cepat, tepat, dan akurat serta dapat menerima, menyimpan data, dan menghasilkan suatu informasi berdasarkan instruksi atau program tang telah diberikan.

Menurut Robert H. Blissmer (1985), Komputerisasi adalah sebuah seremoni elektronik yg memiliki kemampuan jalankan sekian banyak kemestian berpasangan seperti mengantongi input, memroses input, menaruh perintah-perintah dan sediakan output dekat wujud informasi.

Menurut Donald H. Sanderes (1985), Komputerisasi adalah sistem elektronik yg mempunyai kemampuan yang merupakan pemanipulasi data bersama serentak dan serasi berulang terarah dan diorganisasikan biar dengan cara automatic dapat terkena dan menaruh data adalah juga sebagai input, seterusnya dapat memprosesnya, dan maka membuahkan output pada pemeriksaan semenjak langkah-langkah komando acara kepada Operating sistem yg terpendam di didalam medianpenyimpanan.

Nah, itulah definisi mengenai komputerisasi beserta pengertian komputerisasi menurut para ahli di Indonesia dan juga dunia. Demikian artikel mengenai definisi dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here