Pengertian Menhir adalah, Fungsi dan Menhir di Indonesia

214

Menhir adalah sebuah batu besar raksasa berbentuk tugu tegak yang digunakan sebagai media pemujaan roh nenek moyang atau arwah para leluhur. Menhir biasanya berbentuk meja yang terbuat dari baru yang digunakan sebagai tempat meletakkan sesaji yang akan dipersembahkan kepada arwah nenek moyang.

Pengertian Menhir

Pengertian Menhir adalah, Fungsi dan Menhir di Indonesia
Menhir of Beisenerbierg

Menurut Wikipedia, Menhir adalah sebuah batu tunggal berukuran besar yang ditatah menjadi bentuk tertentu, umumnya berbentuk tugu dan diletakkan berdiri tegak di atas tanah. Kata menhir sendiri diambil dari bahasa Keltik, yaitu kata “men” yang berarti batu, dan “hir” yang berarti panjang. Dengan demikian menhir adalah batu Panjang.

Menhir secara umum didirikan secara tunggal, tegak dan berkelompok sejajar di atas tanah. Namun pada beberapa tradisi, menhir ada yang diletakkan terlentang di atas tanah. Menhir juga sering ditelakkan bersama dengan dolmen dan sarkofagus dalam megalit. Menurut sejarahnya menhir sudah ada sejak zaman Neolitikum yaitu mulai 6000 Sebelum Masehi.

Pada kebanyaaan kebudayaan, tradisi pembuatan menhir sudah lama ditinggalkan, namun sebagian masih ada situsnya. Menhir sekarang ini sudah tergantikan dengan pembuatan bangunan, namun fungsinya tetap sama untuk beberapa tradisi. Di Indonesia, tradisi ini masih dilakukan hingga pada bada ke-20, namun sekarang mengir berfungsi sebagai monumen masa prasejarah sebelum masehi.

Lokasi penemuan menhir yang cukup terkenal di dunia terdapat di Eropa, Afrika Barat, Timur Tengah, India, Korea serta Nusantara. Di Indonesia menhir terdapat di Sumatera, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan.

Fungsi Menhir

Fungsi menhir adalah sebagai sarana pemujaan terhadap arwah nenek moyang, sebagai tempat memperingati seseorang (kepala suku) yang telah meninggal, dan sebagai tempat menampung kedatangan roh. Menhir juga memiliki fungsi lain sebagai berikut.

  • Menhir yang berfungsi dalam upacara pemujaan
  • Menhir yang berfungsi dalam penguburan
  • Menhir yang tidak bersifat religius atau bersifat profan

Dengan demikian, fungsi utama dari menhir adalah fungsi menhir adalah untuk menghormati orang yang telah lama meninggal.

Menhir di Indonesia

Tidak cuman di negara lain, menhir juga banyak ditemukan di Indonesia, mulai dari pulau jawa, sumatra, hingga kalimantan. Berikut daerah penemuan menhir di Indonesia.

  1. Bondowoso (jawa timur)
  2. Tana Toraja (sulawesi selatan)
  3. Cisolok (Jawa Barat)
  4. Pasemah (Sumatra Selatan)
  5. Sembiran / trunyan (Bali)

Nah, itulah pengertian mengenai menhir, fungsi, dan situs menhir yang terdapat di daerah di Indonesia. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai menghir dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here