Penjelasan dan Makna Pancasila Sebagai Dasar Negara

547

Pancasila Sebagai Dasar Negara – Pengertian Pancasila Sebagai dasar negara yang dimaksud sesuai dengan bunyi pembukaan pada UUD 1945 Alenia IV yang menyatakan “Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial“.

Penjelasan Pancasila Sebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar negara, berarti pancasila sebagai sumber kaidah hukum konstitusional yang mengatur negara beserta unsur-unsurnya yg memiliki kekuatan mengikat secara hukum, baik tertulis maupun hukum dasar. Dan Pancasila merupakan dasar dan sumber dari segala hukum yang berlaku di Indonesia.

Pancasila sebagai dasar negara juga memiliki arti penting bahwa Pancasila berfungsi dan berperan menjadi pondasi dasar yang kokoh dalam berdirinya Indonesia guna membentuk persatuan dan menjaga kesatuan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sedangkan Pancasila sebagai pandangan hidup, memiliki arti penting bahwa Pancasila berfungsi dan berperan sebagai tolok ukur pedoman dan panduan hidup masyarakat Indonesia dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Penjelasan Lengkap Pancasila Ssebagai Dasar Negara

Pancasila sebagai dasar Negara RI atau disebut juga dengan Dasar Falsafah Negara atau ideologi Negara, berarti menunjukkan bahwa Pancasila digunakan sebagai dasar dalam mengatur pemerintahan Negara dan penyelenggaraan Negara.

Kedudukan Pancasila sebagai dasar Negara, sebagaimana yang tertuang pada Pembukaan UUD 1945, merupakan sumber tertib hokum tertinggi yang mengatur kehidupan Negara dan masayarakat. Hal ini mengandung makna bahwa Pancasila sebagai kaidah dasar Negara yang bersifat mengikat dan memaksa.

Maksudnya, Pancasila mengikat dan memaksa segala sesuatu yang berada di dalam wilayah kekuasaan hukum Negara RI agar setia melaksanakan, mewariskan, mengembangkan, dan melestarikan nilai-nilai Pancasila. Jadi, semua warga negara,penyelenggara Negara tanpa terkecuali, dan segala macam peraturan perundang-undangan yang ada harus bersumber dan sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Itulah sebabnya seluruh isi UUD 1945, dan berbagai peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara RI seluruhnya bersumber atau merupakan penjabaran dari sila-sila Pancasila. Bahkan pembangunan nasional yang dilaksanakan oleh bangsa Indonesia pada hakikatnya merupakan penjabaran dari nilai-nilai Pancasila. Dengan demikian, jelaslah bahwa kedudukan Pancasila adalah sebagai Dasar Negara Indonesia, yang mempunyai fungsi pokok sebagai ideologyi Negara atau sebagai pokok kaidah Negara yang fundamental.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here