Perbedaan Kitab dan Suhuf (Contoh, Bentuk, Isi, dan Masa)

613

Perbedaan Kitab dan Suhuf – Tahukah Anda perbedaan antara kitab dan suhuf itu? Antara kitab dan suhuf memang sama-sama berisi berbagai acuan yang biasa dijadikan pedoman untuk menentukan hal-hal yang harus dilakukan dan dihindari. Meskipun dua hal ini sama-sama ditulis dalam bentuk teks, akan tetapi kedua hal ini memiliki perbedaan. Mengetahui perbedaan antara kedua hal ini penting sebagai ilmu. Jadi, nantinya Anda bisa membedakan antara dalil yang didapat dari kitab atau juga suhuf.

Perbedaan Kitab dan Suhuf (Contoh, Bentuk, Isi, dan Masa)

Pada dasarnya, suhuf dan juga sama-sama berasal dari wahyu yang diberikan oleh Allah untuk nabi. Akan tetapi jumlah suhuf yang diberikan dari Allah lebih sedikit dari pada jumlah wahyu yang ada dalam kitab. Jika wahyu dalam sebuah kitab biasanya memiliki jumlah yang bisa mencapai ribuan, sedangkan suhuf diberikan kepada nabi dengan jumlah yang jauh lebih sedikit bahkan tak lebih dari seratus. Diantara nabi yang diberikan suhuf adalah Nabi Adam as, Nabi Syits, Nabi Ibrahim As, dan juga Nabi Musa. Sedangkan nabi yang mendapatkan Kitab diantaranya Nabi Musa as, Nabi Isa as, dan Nabi besar Muhammad SAW.

Perbedaan Kitab dan Suhuf

Kitab adalah kumpulan wahyu Allah yang diberikan pada Nabi atau Rasul secara runut dan dibukukan, wajib disampaikan sebagai pengajaran bagi umatnya.  Soal kelengkapan kitab itu lebih lengkap dan masa berlakunya panjang.

Suhuf adalah wahyu Allah yang tidak dibukukan sehingga masih berupa lembaran yang diberikan pada Nabi sehingga tidak wajib disampaikan pada umatnya. Soal kelengkapan suhuf itu kurang lengkap dan masa berlakunya pendek

Perbedaan Kitab dan Suhuf Lainnya

Berikut perbedaan antara Kitab dan Suhuf Berdasarkan Isi, Bentuk, dan Masa Berlaku:

  • Wujud atau bentuk dari kitab adalah dibukukan sementara wujud atau bentuk dari suhuf hanyalah berupa lembaran-lembaran.
  • Isi dari kitab lebih lengkap dari apa yang ada pada suhuf, hal ini wajar mengingat kitab sudah berupa buku sementara suhuf hanyalah lembaran. Oleh karena hal ini juga maka hukum atau pun wahyu di dalam kitab memiliki kesinambungan sedangkan suhuf tidak.
  • Perbedaan lainnya adalah dari masa berlaku. Kitab mempunyai masa berlaku yang lebih panjang dibandingkan dengan suhuf.
  • Terakhir, pada nabi yang menerima wahyu yang kemudian disusun menjadi kitab memiliki kewajiban untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya sementara pada suhuf tidak ada kewajiban yang demikian.

Contoh Kitab dan Suhuf

Kitab adalah buku atau tulisan yang dibukukan di mana isinya mengandung wahyu wahyu Allah yang diturunkan kepada umat manusia melalui perantara nabi dan rasul. Adapun yang dimaksud kitab Allah adalah Al-quran, Taurat, Injil, dan Zabur.

Suhuf adalah lembaran lembaran yang beirisi wahyu Allah yang dituliskan dan diturunkan kepada nabi. Contoh suhuf adalah apa yang diturunkan pada nabi Adam a.s. yang berjumlah 10 suhuf, nabi idris berjumlah 30 suhuf dan lain lain.

Sumber:

https://brainly.co.id/tugas/2306532
https://brainly.co.id/tugas/6297904
https://perbedaanterbaru.blogspot.com/2015/08/perbedaan-kitab-dan-suhuf-menurut-agama.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here