Plastisin adalah? Pengertian Plastisin Mainan Anak

1774

Pengertian Plastisin – Usia prasekolah yang dimulai sejak usia 3-6 tahun sangat penting karena periode ini merupakan masa paling kritis dalam perkembangan anak, dengan demikian peran keluarga diharapkan dapat memberikan stimulasi sedini mungkin agar perkembangan anak dapat tumbuh secara optimal.

alah satu komponen tugas perkembangan pada periode anak yaitu perkembangan motorik halus, kemampuan motorik halus merupakan kemampuan anak beraktivitas dengan menggunakan otot halus (kecil) seperti menulis, meremas, menggambar, menyusun balok, memasang puzzel dan lain-lain.

Cara untuk meningkatkan motorik halus pada anak prasekolah melalui permainan lilin plastisin, yang merupakan media sempurna untuk menciptakan, mengamati, dan membentuk benda menjadi bernilai seni, dengan bermain lilin plastisin dapat melatih kelenturan pergelangan otot-otot tangan dan koordinasi mata dan tangan sehingga dapat mengasah kemampuan motorik halus anak untuk mempersiapkan menulis simbol-simbol dalam rangka memasuki jenjang selanjutnya.

Plastisin adalah? Pengertian Plastisin Mainan Anak
Orang tua dapat dengan mudah membuat lilin plastisin dari bahan yang mudah diperoleh tanpa bahan kimia, sehingga permainan lilin plastisin ini aman bagi anak-anak. Semoga dengan adanya panduan ini dapat menjadi penuntun bagi orang tua untuk meningkatkan motorik halus pada anak prasekolah melalui permainan lilin plastisin, sehingga anak memiliki kesiapan belajar pada pendidikan selanjutnya. Lalu apa yang dimaksud yang dimaksud dengan plastisin atau pengertian Plastisin lilin. Berikut pengertiannya!

Plastisin adalah? Pengertian Plastisin

Plastisin adalah salah satu jenis Clay. Istilah Clay dalam dunia kerajinan berarti tanah liat tiruan atau tiruan yang biasanya terbuat dari lilin, tepung, paraffin, polymer, bubur kertas, dan lain sebagainya. Plastisin biasanya berbentuk adonan lunak berwarna-warni yang dapat dibuat menjadi berbagai bentuk hiasan, yang biasanya bahannya terbuat dari lilin. Plastisin biasanya untuk menghias benda yang terdapat dirumah seperti tempat tisu, botol sabun, bingkai foto, magnet kulkas dan lain-lain.

Plastisin sendiri sebenarnya bukan nama sebuah zat melainkan nama dari sebuah merek tanah liat pemodelan yang halnya dipegang oleh Flair Leisure Product plc. Plastisin biasanya digunakan sebagai mainan anak-nak karena cukup aman dimainkan dan juga bisa mengasak kreativitas anak.