Pragmatis adalah? Pengertian Pragmatisme dan Pragmatik

Dalam bahasa Indonesia banyak materi yang akan dijarkan, diantaranya yang paling banyak adalah mengenai pengertian. Salah satu diantaranya adalah pengertian pragmatis, pragmatisme, dan pragmatik. Ketiga kata tersebut saling berhubungan antara satu dengan yang lain, lalu apa perbedaan dari ketiga kata tersebut, dan juga pengertian masing-masing. Berikut penjelasannya!

Pengertian Pragmatis

Pragmatis adalah hal yang terkadang membuat sebagian dari kita bertanya-tanya ketika menemui kata ini di sebuah tajuk, kolom opini atau artikel lain di media massa. Definisi pragmatis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah bersifat praktis dan berguna bagi umum. Definisi pragmatis lainnya adalah bersifat mengutamakan segi kepraktisan dan kegunaan (kemanfaatan). Pengertian pragmatis lainnya adalah mengenai atau bersangkutan dengan pragmatisme.

Pragmatisme (menurut KBBI) adalah kepercayaan bahwa kebenaran atau nilai suatu ajaran bergantung pada penerapannya bagi kepentingan manusia. Ini merupakan paham yang menyatakan bahwa segala sesuatu tidak tetap, melainkan tumbuh dan berubah terus. Singkatnya ini merupakan pandangan yang memberi penjelasan yang berguna tentang suatu permasalahan dengan melihat sebab akibat berdasarkan kenyataan untuk tujuan praktis.

Sedangkan Pragmatisme menurut bahasa Inggris (Pragmatism) adalah tradisi filsafat berpusat pada menghubungkan antara praktek dan teori. Ini menggambarkan suatu proses dimana teori diekstrak dari praktek, dan diterapkan kembali untuk berlatih untuk membentuk apa yang disebut praktek cerdas.

Contoh Pragmatisme

Pragmatisme merupakan sifat atau ciri seseorang yang cenderung berfikir praktis, sempit dan instant. Orang yang mempunyai sifat pragmatis ini menginginkan segala sesuatu yang dikerjakan atau yang diharapkan ingin segera tercapai tanpa mau berfikir panjang dan tanpa melalui proses yang lama. Sehingga kadang hasilnya itu meleset dari tujuan awal.

Biasanya sifat ini identik dengan orang yang kurang penyabar dan ambisius. Orang yang ambisius ini selalu melakukan sesuatu atau melakukan perubahan secara cepat. Sehingga tidak heran kalau orang seperti ini mempunyai keinginan yang keras dan tidak mau dikalahkan oleh orang lain. Tapi, sifat ambisius ini cenderung bersifat ke hal yang negatif, mereka melakukan segala macam cara untuk mencapai keinginannya.

Salah satu contoh kecil pragmatisme mahasiswa yang terjadi di universitas adalah ketidakjujuran akademik. Permasalahan ini merupakan permasalahan yang sangat klasik yang terjadi dalam dunia pendidikan. Misalnya dalam menempuh ujian, banyak sekali mahasiswa yang berlaku curang dalam dalam ujian seperti membuat contekan-contekan, mereka menulis ringkasan pelajaran dalam kertas-kertas kecil.

Apalagi dengan kecanggihan tekhnologi sekarang ini, mahasiswa dengan mudahnya mengakses segala macam informasi yang mereka inginkan dari internet. Dengan membawa sebuah hand phone yang disertai dengan kecanggihan dalam mengakses informasi. Sehingga mereka dengan mudahnya mendapatkan jawaban yang diinginkan tanpa berfikir secara panjang. Hal itu mereka lakukan untuk mendapatkan nilai semaksimal mungkin, minimal tidak D.

Kepraktisan inilah yang menghambat pemikiran mahasiswa untuk mengeksplorasi pemikirannya. Sehingga mereka tidak lagi berfikiran secara kritis ketika menghadapi sebuah masalah. Dunia pendidikan tidak membenarkan hal tersebut tapi hal tersebut sudah mengakar dalam diri mahasiswa.

Pengertian Pragmatik

Pragmatik adalah cabang linguistik yang mempelajari hubungan antara konteks luar bahasa dan maksud tuturan. Konteks luar bahasa ialah unsur di luar tuturan yang mempengaruhi maksud tuturan. Maksud tidak bisa dilihat dari bentuk dan makna saja, tetapi juga dari tempat dan waktu berbicara, siapa saja yang terlibat, tujuan, bentuk ujaran, cara penyampaian, alat berbicara, norma-norma, dan genre. Yang dipelajari dalam pragmatik meliputi tindak tutur, implikatur tuturan, interaksi percakapan, dan faktor-faktor eksternal percakapan, misalnya deiksis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *