Provinsi Termuda di Indonesia

494
5/5 (1)

Provinsi Termuda di Indonesia – Provinsi adalah sebuah satu teritorial. Provinsi dijadikan istilah sebagai sebuah wilayah administratif pemeirntahan dibawah negara atau negara bagian. Kata Provinsi sendiri berasal dari kata serapan dari bahasa Belanda “Provincie” yang juga berasal dari bahasa latin dan pertama kali di perkenalkan dan digunakan oleh Kekaisaran Romawi.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak sekali Provinsi, terdapat 34 Provinsi di Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Banyaknya Provinsi di Indonesia tidak terlepas dari wilayah Indonesia yang sangat luas, dengan berbagai pulau-pulau yang letaknya dipisahkan oleh lautan dan selat. Dari 34 Provinsi di Indonesia, tahukan Anda provinsi mana yang paling muda atau yang terakhir kali dibentuk dan ditetapkan oleh Pemerintah? Beirkut Informasinya!

Provinsi Termuda di Indonesia adalah?

Provinsi termuda di Indonesia saat ini adalah provinsi Kalimantan Utara. Kalimantan Utara dikatakan paling mudah karena ditetapkan sebagai provinsi ke-34 oleh DPR RI pada tanggal 25 Oktober 2012 berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012 dan disahkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ibu kota dari Kalimantan Utara adalah Tanjung Selor, dengan Kota terbesar adalah Kota Tarakan.

Kalimantan utara memiliki 5 wilayah administrasi, yaitu satu kota (Kota Tarakan), dan empat kabupaten (Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau, Kabupaten Nunukan, dan Kabupaten Tana Tidung. Provinsi Kalimantan Utara sendiri berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Sarawak, Malaysia Timur.

Tujuan Dibentuknya Provinsi Kalimantan Utara

Provinsi Kalimantan Utara sendiri merupakan pecahan dari Provinsi Kalimantan Timur yang dibentuk dengan tujuan untuk memperkuat pertahanan dan kemanan di wilayah perbatasan (Indonesia-Malaysia). Selain itu, Tujuan utama dari Pembentukan Provinsi Kalimantan Timur adalah untuk menghidupkan perekonomian masyarakat di wilayah itu yang selama ini dianggap masih tertinggal dibanding daerah lain.

Dikarenakan termasuk sebagai provinsi paling muda di Indonesia, Provinsi Kalimantan Timur masih perlu mendapatkan banyak dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia. Sebab, provinsi yang baru berdiri tentunya memiliki segala hal yang belum maksimal, dan masih tertinggal dari Provinsi Lainnya.

Salah satu cara agar bisa memajukan Provinsi Kalimantan Utara adalah dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di provinsi tersebut, dan dengan begitu rakyat Indonesia bisa lebih mengetahui bahwa Provinsi termuda di Indonesia adalah Kalimantan Utara yang baru dibentuk pada tahun 2012.

Provinsi Kalimantan Utara memiliki kekayaan alam yang sangat luar biasa, mulai dari pegunungan, hutan lindung, sunga, dan air terjun bisa Anda dapati di Kalimantan Utara. Selain pemandangan alam, Provinsi Kalaimantan Utara juga memiliki tempat wisata pantai yang cukup jernih airnya, tentunya dengan pemandangan yang indah.

Selain itu, Kalimantan Utara memiliki wisata dari sektor pertanian seperti coklat dan lada yang dapat Anda nikmati bersama segarnya udara pegunungan. Di Kalimantan Utara juga terdapat tempat wisata sejarah, diantaranya tenpat wisata budaya, dan wisata religi.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai provinsi termudah di indonesia, yaitu Kalimantan Utara. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai informasi provinsi paling muda di Indonesia dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here