Rukun Shalat Jumat dan Rukun khutbah Shalat Jumat

714

Rukun Shalat Jumat – Sholat Jum’at adalah sholat yang wajib dilakukan seoarang ikhwan (Laki-Laki) dengan mendengarkan khutbah dan sholat sebanyak 2 rakaat pada hari Jum’at di waktu Dhuhur, hukumnya fardhu ‘ain bagi tiap muslim laki-laki.

Di atas telah disebutkan bahwa Sholat Jumat hukumnya fardhu ‘ain (wajib). Lantas siapa sajakah yang diwajibkan Sholat Jumat? Sholat Jumat wajib atas setiap muslim laki-laki yang merdeka, baligh, berakal, muqim dan kuasa mendatanginya.

Rukun Shalat Jumat dan Rukun khutbah Shalat Jumat

Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah menjelaskan, golongan yang tidak diwajibkan adalah: perempuan, anak kecil, orang sakit, musafir, orang yang sedang bersembunyi dari penguasa zalim, dan adanya udzur yang diperbolehkan syara’ misalnya terhalang banjir.

Mereka ini tidak wajib Sholat Jumat dan diwajibkan mengerjakan Sholat Zhuhur. Namun apabila mereka mengerjakan Sholat Jumat, sholat mereka tetap sah dan kewajiban sholat Zhuhur digugurkan sebagaimana sebagian muslimah yang ikut Sholat Jumat di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Rukun Shalat Jumat

Rukun Sholat Jumat yang paling penting ada dua yaitu:

  • Khutbah dua kali dan duduk diantara keduanya
  • Sholat dua rakaat dengan secara berjamaah

Rukun Khutbah Jumat (Syarat Khatib)

Didalam rukun shalat Jumat, seorang Khatib harus memenuhinya rukun-rukunnya, ada pun rukun khutbah bagi khatib adalah sebagai berikut:

  1. Mengucap puji-pujian kepada Allah Swt. dengan melafazdkan
  2. Membaca syahadatain, yaitu syahadat tauhid dan syahadat rasul.
  3. Membaca selawat atas Nabi Muhammad saw.
  4. Berwasiat kepada jamaah yang hadir untuk bertaqwa kepada Allah swt.
  5. membaca salah satu ayat dari Al-Qur’an
  6. Berdoa untuk semua kaum Muslimin pada khutbah kedua

Nah, itulah rukun dari shalat jumat yang benar beserta syarat khutbah jumat, jawaban dari artikel tersebut saya kutip dari situs brainly yang sudah terverifikasi kebenaranya. Demikian artikel mengenai shalat jumat yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here