Sejarah Perkembangan Internet di Dunia Lengkap

303
5/5 (2)

Internet pertama kali diperkenalkan pada tahun 1969 yang kemudian berkembang begitu pesat. Sejarah internet diawali dari percobaan ARPANET yang menghubungkan antara dua komputer melalui jaringan telepon yang dapat saling berkomunikasi. Departemen pertahanan negara adidaya tersebut kemudian berhasil menjadi awal munculnya jaringan internet pertama di dunia.

Sejarah Awal Munculnya Internet

Jaringan ARPANET pada awalnya dimuat untuk kebutuhan militer saja. Namun, sistem ini kemudian dudistribusi untuk menghindari hancurnya pusat data saat perang nuklir, yang kala itu menjadi tujuan awal pembuatan proyek besar ini. Saat awal pembuatannya, ARPANET hanya digunakan untuk menghubungkan empat titik saja di Amerika waktu itu. Namun saat ini, internet telah menghubungkan berjuta-juta titik di dunia ini.

Sejak pada tahun 1972 barulah muncul istilah internet. Internet merupakan hasil dari pembagian proyek ARPANET. Internet merupakan bagian dari ARPANET yang ditujukan untuk kebutuhan non militer dan Itu merupakan sejarah awal berkembangnya internet.

Pada awal sejarah internet, anggota-anggota yang terhubung dalam internet adalah hanya dari berbagai universitas. Mulanya universitas yang ada di Amerika saja, namun dimulai pada tahun 1973, ada anggota dari luar Amerika yang tergabung di dalam internet. Universitas itu berasal dari norwegia (Royal Radar Establishment) dan Inggris (University College of London).

Sejarah Internet dari Tahun ke Tahun

Seiring dengan perkembangan sejarah internet, protokol yang menjadi standar komunikasi setiap komputer yang terhubung ke dalam jaringan internet juga terus berkembang setiap tahunnya. Tujuan dari semua ini adalah untuk membuat standarisasi sehingga setiap komputer di dunia ini dapat terhubung ke dalam jaringan internet.

Protokol standar yang saat ini dipakai adalah protokol TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini mulai diperkenalkan pada tahun 1978. Pada tahun 1980-an, sejarah internet mulai memasuki babak baru. Menjamurnya komputer pribadi pada masa ini membuat jaringan internet juga terus meluas dari tahun ke tahun.

Salah satu kemajuan dari internet lainnya adalah fasililtas pengiriman surat elektronik (email), pengiriman file melalui FTP dan mailing list satu per satu hadir sebagai layanan dalam internet. Inilah yang membuat fungsi internet semakin meningkat dan semakin banyak orang yang menggunakannya.

Perkembangan internet juga terlihat pada berbagai fasilitas yang bisa digunakan melalui jaringan dunia ini. Komunikasi secara real-time melalui tulisan yang dikenal dengan istilah chatting mulai diperkenalkan pada tahun 1988.

Selanjutnya, penemuan aplikasi yang dikenal dengan nama browser merupakan tonggak paling penting di dalam sejara internet. Dengan adanya browser ini, seluruh komputer yang terhubung ke dalam internet dapat saling berbagi data dan juga informasi.

Saat ini, intenet telah digunakan untuk berbagai kebutuhan global. Dengan adanya intenet, arus informasi dapat berjalan dengan cepat dan praktis. Internet juga telah menyatukan orang dari berbagai wilayah bumi ini dan Internet juga menjadi sarana komunikasi yang efektif dan efisien.

Namun internet juga menjadi sumber masuknya pengaruh negetif yang harus tetap diwaspadai. Sejarah internet menunjukkan bahwa tujuan positif bisa menjadi negatif jika tidak dimanfaatkan dengan baik.

Sejarah Munculnya NSF, WWW, dan  WEB

NSF
Pada masa itu, kebijakan penggunaan internet di bawah naungan National Science Fondation (NSF). Pada 1980, NSF memperbolehkan penggunaan internet untuk kalangan universitas guna keperluan penelitian dan beasiswa. NSF kemudian mengembangkan internet ketiga yang disebut NSFNET.

Internet ini memiliki 5 komputer super untuk data beasiswa. Penggunaan untuk kepentingan komersial tidak diperbolehkan. Oleh karena itu, tidak ada iklan di internet. pupularitas NSFNET melonjak sehingga mengambil alih fungsi ARPNET.

WWW
Perubahan terjadi pada tahun 1955, yaitu saat NSF tidak lagi menguasai kebijakan internet. Situasi tersebut diikuti dengan perkembangan World Wide Web (WWW). Timothy Bernes-Lee, seorang ahli komputer dan fisika berkebangsaan inggris, mengembangkan WWW. Sebelum WWW, lalu lintas internet didominasi oleh transfer file.

Selanjutnya, pemerintah Amerika mengawasi penggunaan internet melalui jaringan internet komersial, atau yang lebih dikenal sebagai IP network (jaringan Internet Protokol). Jaringan ini dioperasikan oleh perusahaan besar seperti IBM, Sprint, dan Alternet. Diluar amerika, jaringan IP dibentuk agar internet dapat digunakan diseluruh dunia.

WEB
Internet dan web merupakan hal yang berbeda. Internet diasumsikan sebagai jalan raya. Web berada di lalu lintas jalan raya tersebut. Web memudahkan pengguna untuk mencari informasi, memajang, dan mengunduh berbagai jenis dokumen. Oleh karena itu, web didukung oleh program yang dapat dijalankan di berbagai komputer. Menginjak tahun 2000, lalu lintas internet didominasi oleh web. Porsinya mencapai 80%.

Selanjutnya, penggunaan internet berkembang sesuai kebutuhan pengguna. Perseorangan menggunakan internet untuk mencari informasi, hiburan, komunikasi, serta membeli dan menjual barang.

Ilmuwan memanfaatkan internet untuk mempublikasikan penelitian, berkomunikasi dengan kolega, dan memberi materi kuliah untuk siswa. Perusahaan media memanfaatkan internet untuk menyiarkan berita online, menyiarkan audio dan video, mengedarkan musik dan film, program radio dan televisi online, serta layanan cuaca. Pengguna dapat betukar film, foto, musik dan aplikasi melalui layanan file sharing.

Instant Messaging melayani pesan teks, berbagi file, dan bermain game online. Perusahaan mengguanakan internet untuk e-commerce atau perdagangan elektronik. Intuisi memanfaatkan layanan komunikasi melalui konferensi suara dan video. Dan, masih banyak lagi perkembangan internet yang memberikan manfaat dalam kehidupan manusia.

Rangkuman Lengkap Sejarah Internet di Dunia

Tahun 1970, ARPAnet melaui sejumlah riset yang dilakukan di Stanford university berhasil menciptakan sebuah protokol yang disebut TCP/IP (transmissionControl Protocol / Internet Protocol) yang pada akhirnya merupakan protocol standar untuk tukar-menukar file antara pengguna internet.

Tahun 1971 telah mengembangkan jaringan komunikasinya yang terdiri dari 15 titik jaringan (nodes) dan 23 host sebagai server induk dan ditahun inilah Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program aplikasi e-mail (electronic mail) yang mulai diriset pada tahun 1970, kemudahan dan manfaat Program e-mail ini dalam bertukar pesan membuat e-mail sangat cepat populer.

Tahun 1972, Proyek ARPAnet berkembang pesat diseluruh daeran dan hampir semua universitas di Amerika Serikat ingin memanfaatkan fasilitas teknologi internet ini sehingga ARPAnet kesulitan untuk mengaturnya. Oleh sebab itu ARPAnet dipecah menjadi dua Yaitu ARPAnet untuk keperluan non militer dan MILNET yang dikhususkan untuk keperluan komunikasi militer amerika serikat. Gabungan dari kedua jaringan ini pada akhirnya dikenal dengan DARPA Internet dan agar lebih sederhana maka disebutlah Internet.

Tahun 1973, Jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat dengan membentuk WAN (Wide Area Network) yang menghubungkan Amerika ke jaringan komputer Norwegia dan Inggris. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPAnet.

Tahun 1976, lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.

Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET.

Tahun 1981 France Telecom berhasil menciptakan telpon televisi pertama yang memungkinkan orang bisa berkomunikasi sambil berhubungan dengan video link.

Tahun 1982 , TCP / IP (Transmission Control Protocol /Internet Protocol) diresmikan sebagai protokl standar karena penggunaan jaringan komputer semakin hari semakin banyak maka dibutuhkan sebuah protokol yang sama agar dapat berkomunikasi dalam jaringan meskipun menggunakan aplikasi dan sistem operasi yang berbeda. Pada tahun inilah di Eropa muncul jaringan komputer EuNet yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia menyediakan layanan e-mail dan newsgroup.

Tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain untuk mempermudah penyeragaman alamat di jaringan komputer yang ada, sistim ini biasa dikenal dengan nama DNS atau Domain Name System. pada tahun ini lebih 1000 host telah tergabung dengan ARPAnet.

Tahun 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.

Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.

Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau World Wide Web.

Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet.

Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here