Sejarah PKI (G30S PKI) di Indonesia yang Sebenarnya

307

Sejarah G30S PKI –  Peristiwa G 30 S PKI diawali oleh penculikan 9 jenderal atau perwira tinggi kala itu. Gerakan PKI memiliki tujuan salah satunya adalah rencana mendirikan negara komunis.
G 30 S PKI adalah peristiwa dibunuhnya para Jenderal/ ajudan Presiden Sukarno pada waktu itu yang dilakukan oleh partai komunis.

Jasad para jenderal ditemukan oleh Bapak Suharto di sebuah sumur di daerah Lubang Buaya.
Peristiwa G 30 S PKI terjadi pada tahun 1965. Pada tahun itu banyak kejadian-kejadian mengerikan hampir di seluruh bagian di Indonesia.

Sejarah PKI (G30S/PKI) di Indonesia

Pada saat menjelang proklamasi, Ir. soekarno menderita sakit yang cukup parah yang dapat menyebabkan soekarno lumpuh atau pun mati kemudian tangan kanan soekarno DN aidit memprediksikan bahwa soekarno tidak akan bertahan hidup lebih lama.

Kemudian DN aidit berencana membentuk sebuah organisasi yang dinamakan Partai Komunis Indonesia (PKI), DN aidit menghubungi jendral untung dan mengajak beliau untuk bergabung dan meminjamkan persenjataan setelah terbentuknya PKI dan Gerwani.

PKI merencanakan penangkapan kepada 7 jendral di rumah masing masing dengan menggunakan pakaian cakra dan membawa senjata PKI memberi alasan kepada 7 jendral tersebut dipanggil menghadap presidan karena keadaan negara genting. Kemudian 7 jendral tersebut dibawa ke markas PKI untuk disiksa, 3 jendral dibawa dalam keadaan mati dan 4 dalam keadaan hidup, tapi 1 jendral berhasil lolos dari penangkapan PKI yaitu jendral nasution dan yang menggantikan jendral nasution atau mengaku sebagai jendral nasution ialah piere tendean.

Setelah disiksa di markas dan ditempat hingga tewas, para jendral yang tewas kemudian dimasukan kedalam sumur yang berada di lubang buaya. (Source:Brainly)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here