Sejarah Singkat Masuknya Islam di Pulau Kalimantan

205

Masuknya Islam di Kalimantan – Daerah pertama di kepulauan Indonesia yang pertama kali dimasuki agama Islam adalah pantai Sumatra bagian utara. Berawal dari daerah tersebut, Islam akhirnya mulai menyebar ke berbagai pelosok Nusantara, yaitu di wilayah Pulau Sumatra (selain pantai Sumatra bagian utara), Pulau Sulawesi, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, hingga di Kepulauan Maluku. Lalu bagaimana sejarah masuknya Islam ke pulau Kalimantan, berikut penjelasan singkatnya.

Sejarah Masuknya Islam di Pulau Kalimantan

Sebelum Islam masuk ke Kalimantan, di Kalimantan Selatan sudah terdapat kerajaan-kerajaan Hindu yang berpusat di negara Dipa, Daha, dan Kahuripan, yang terletak di hulu Sungai Nagara dan Amuntai Kimi. Kerajaan-kerajaan ini sudah menjalin hubungan dengan Kerajaan Majapahit, bahkan salah seorang raja Majapahit menikahi dengan Putri Tunjung Buih. Hal tersebut tercatat dalam kitab “Negarakertagama” karya Mpu Prapanca.

Menjelang kedatangan Islam, Kerajaan Daha diperintah oleh Maharaha Sukarama. Setelah beliau meninggal digantikan oleh Pengeran Tumenggung, hal ini menimbulkan kemelut keluarga karena Pangeran Samudera (cucu Maharaja Sukarama) merasa lebih berhak atas takhta kerajaan. Akhirnya Pangeran Samudra dinobatkan menjadi raja Banjar oleh para pengikut setianya yang membawahi daerah Masik, Balit, Muhur, Kuwin, dan Balitung yang terletak di hilir Sungai Nagara.

Berdasarkan hikayat Banjar, Pangeran Samudra meminta bantuan Kerajaan Demak (Sultan Trenggono) untuk memerangi Kerajaan Daha dengan perjanjian apabila Kerajaan Daha dapat dikalahkan, Pangeran  Samudra beserta rakyatnya bersedia masuk Islam. Ternyata berkat bantuan tentara Demak, Pangeran Tumenggung dari kerajaan Daha dapat ditundukkan dan sesuai dengan perjanjian, akhirnya raja Bandar, Pangeran Samudra beserta segenap rakyatnya masuk Islam dan bergelar Sultan Suryamullah. Menurut A.A. Cense dalam bukunya yang berjudul De Kroniek van Banjarmasin 1928, peristiwa itu terjadi pada tahun 1550 M.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here