Tugas dan Wewenang KY Menurut UUD 1945

14

Tugas dan wewenang Komisi Yudisial (KY) –¬†Komisi Yudisial atau sering disingkat KY adalah lembaga tinggi negara yang bersifat mandiri sekaligus berwenang mengusulkan pengangkatan hakim agung dan mempunyai wewenang lain dalam rangka menjaga, serta menegakkan kehormatan, keluhuran, martabat, serta perilaku hakim. Komisi Yudisial (KY) dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 22 Tahun 2004, yang bertujuan untuk memenuhi harapan masyarakat tentang kekuasaan kehakiman yang transparan, merdeka, dan partisipatif. Berikut tugas utama dari Komisi Yudisial dan juga wewenangnya.

 

Tugas Komisi Yudisial (KY)

Berdasarkan Pasal 14 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011, dalam melaksanakan wewenang sebagaimana dimaksud dalam Pasal 13 huruf a, yaitu mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan, maka Komisi Yudisial mempunyai tugas sebagai berikut:

  1. Melakukan pendaftaran calon hakim agung.
  2. Melakukan seleksi terhadap calon hakim agung.
  3. Menetapkan calon hakim agung.
  4. Mengajukan calon hakim agung ke DPR.

 

Wewenang Komisi Yudisial (KY)

Sesuai Pasal 13 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2004 tentang Komisi Yudisial, Komisi Yudisial mempunyai wewenang:

  1. Mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc di Mahkamah Agung kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan.
  2. Menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.
  3. Menetapkan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bersama-sama dengan Mahkamah Agung.
  4. Menjaga dan menegakkan pelaksanaan Kode Etik dan/atau Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH).

Nah, itulah sedikit pengertian mengenai Komisi Yudisial beserta tugas dan wewenang KY menurut Undang-Undang Dasar 1945 yang dapat saya bagikan untuk Anda. Demikian artikel mengenai pendidikan kewarganegaraan dan semoga bermanfaat. Baca: Tugas dan Wewenang MK (Mahkamah Konstitusi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here