Tugas dan Wewenang Mahkamah Agung Menurut UUD 1945

14

Tugas Mahkamah Agung – Mahkamah Agung atau biasa disingkat MA merupakan institusi atau lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang memegang kekuasaan kehakiman tertinggu di Indonesia bersama Mahkamah Konstitusi dan bebas dari pengaruh cabang-cabang kekuasaan lainnya.

Mahkamah Agung sebagai instituso membawahi badan peradilan dalam lingkungan peradilan dalam lingkungan lingkungan peradilan militer, peradilan agama, dan lingkungan peradilan tata usaha negara. Mahkamah Agung sebagai Lembaga tertinggi negara di Indonesia, dasar hukum Mahkamah Agung terdapat pada pasal 24 ayat 2, pasal 24 A ayat 1, dan pasal 3 UUD 1945. Berikut tugas dan wewenang Mahkamah Agung.

Tugas Mahkamah Agung

  • Mengadili pada tingkat kasasi
  • Mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi
  • Menguji peraturan perundang-undangan terhadap undang-undang
  • Memberikan pertimbangan hukum kepada presiden dalam hal permohonan grasi dan rehabilitasi

Wewenang Mahkamah Agung

  1. Melakukan pengawasan tertinggi terhadap penyelenggaraan peradilan di semua lingkungan peradilan dalam menjalankan kekuasaan kehakiman
  2. Mengawasi tingkah laku dan perbuatan para Hakim di semua lingkungan peradilan dalam menjalankan tugasnya.
  3. Mengawasi dengan cermat semua perbuatan para hakim di semua lingkungan peradilan.
    Untuk kepentingan negara dan keadilan.
  4. Mahkamah Agung memberi peringatan, teguran dan petunjuk yang dipandang perlu baik dengan surat tersendiri, maupun dengan surat edaran.

Nah, itulah tugas dan wewenang dari mahkamah agung yang tertera dalam Undang-undang 1945. Demikian artikel yang dapat portalsejarah bagikan dan semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here