Tujuan Dibentuknya BPUPKI Bagi Jepang dan Indonesia

81

Tujuan Dibentuknya BPUPKI Bagi Indonesia dan Jepang – Yang dimaksud dengan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) adalah suatu badan penyelidik khusus yang didirikan sebagai bagian dari usaha dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia sesuai dengan yang dijanjikan oleh Jepang. BPUPKI sendiri merupakan kependekan dari Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Dalam bahasa Jepang, badan ini dikenal dengan nama Dokuritsu Jumbi Cosakai.

Baca: Tugas utama dari BPUPKI

BPUPKI sendiri dibentuk oleh Jepang pada 1 Maret taun 1945. Adapun tokoh yang ditunjuk sebagai ketua adalah Dr. Rajiman Widioningrat. Sebelum resmi dibubarkan dan digantikan dengan PPKI, BPUPKI berhasil melaksanakan dua sidang resmi. Sidang resmi pertama berlangsung pada 20 Mei hingga 1 juni 1945. Adapun sidang resmi kedua berlangsung pada 10 hingga 14 Juli 1945.

Tujuan Dibentuknya BPUPKI

Tujuan dibentuknya BPUPKI sebenarnya untuk mengkaji, mendalami, serta menyelidiki bentuk dasar negara Indonesia yang cocok guna kepentingan sistem pemerintahan Indonesia setelah kemerdekaan nanti. Namun, secara umum pembentukan BPUPKI memiliki dua tujuan, baik bagi Jepang maupun Indonesia, berikut tujuan keduanya:

Bagi bangsa Indonesia tujuan dibentuk BPUPKI adalah untuk mempelajari dan menyelidiki hal penting berhubungan dengan pembentukan negara Indonesia merdeka atau mempersiapkan hal-hal penting mengenai tata pemerintahan Indonesia merdeka.

Bagi Jepang tujuan dibentuknya BPUKI adalah untuk menarik simpati rakyat Indonesia agar membantu Jepang dalam perang melawan sekutu dengan cara memberikan janji kemerdekaan kepada Indonesia melalui pembentukan badan persiapan kemerdekaan tersebut.

Nah, itulah sedikit pengertian mengenai BPUPKI dan tujuan dibentuknya Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia bagi bangsa Indonesia dan juga Jepang. Jawaban tersebut saya kutip dari situs Brainly yang sudah terbukti terverifikasi kebenaranya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here