Ukuran Gawang Sepak Bola Secara Umum

131

Ukuran gawang sepak bola adalah? Sepakbola adalah elemen yang tidak bisa dipisahkan di masyarakat saat ini, baik itu di Indonesia maupun di dunia. Sepak bola menjadi cabang olahraga yang paling diminati nomor 1 di dunia, tidak terkecuali di indonesia. Di Indonesia sendiri banyak sekali tim sepak bola dari segala penjuru daerah di Indonesia yang saling bertanding untuk memperebutkan juara per-musim.

Sepak bola sendiri adalah cabang olahraga yang dimainkan di lapangan luas, dengan saling berebut saling oper bola guna memasukkan bola tersebut ke dalam gawang lawan. Bola yang digunakan dalam sepakbola sendiri terbuat dari bahan kulit, sedangkan untuk para pemainnya berjumlah 11 orang beserta sang penjaga gawang yang disebut kiper. Biasanya sepakbola secara umum dimainkan di dalam stadion yang mempunyai ukuran tertentu, namun di luar pertandingan sepak bola resmi sering dimainkan di lapangan yang luas tanpa adanya ukuran resmi. Lalu tahukan Anda berapa lebar lapangan sepekbola beserta ukuran gawang sepak bola secara umum, berkut Informasinya.

Berapa Ukuran Gawang Sepak Bola Secara Umum

Ukuran dari lapangan sepak bola cukup bervariasi tergantung usia yang bermain, sedangkan secara umum panjang lapangan sepakbola adalah 100 hingga 110 meter, sedangkan untuk lebar lapangan sekitar 64-75 meter. Untuk jari – jari lingkar tengah lapangan berkisar di ukuran 9,15 meter.

Sedangkan untuk ukuran gawang berukuran dengan luas daerah gawang sekitar 18,35 x 5,5 meter, tinggi gawang berukuran 2,44 cm, dan lebar gawang 7,32 meter, sedangkan untuk diameter tiang dan palam gawang sekitar12 meter. Daru segi ukuran kotak pinalti memiliki ukuran dengan luas daerah tendangan penalty sekitar 40,32 x 16,5 meter, dan untuk luas jarak titik tendangan penalty sekitar 11 meter.

Posisi gawang sendiri berada di tengah paling ujung zona lapangan musuh, berbentuk dua tiang sejajar dengan tinggi 2,44 meter, bersambung dengan tiang horizontal berukuran 7, 32 meter. Gawang tersebut untuk menahan bola tidak jauh setelah masuk diberi sebuah jaring bersambung dengan tiang gawang tersebut.

Ukuran Gawang Sepak Bola Mini Untuk SD

Seperti yang sedikit saya singgung di atas bahwa ukurna sepakbola secara umum juga dipengaruhi oleh siapa yang bermain, jika dimainkan oleh anak kecil atau yang masih SD tentunya ukuranya tidak seluas dan setingi untuk dewasa, lalu berapa ukuran gawang sepakbola mini secara umum, berikut datanya beserta usia saat bermain.

Kompetisi Sepakbola U-6 sampai U-8

  • Tinggi : 1,37 – 1,98 meter
  • Lebar : 2,74 – 3,66 meter

Kompetisi Sepakbola U-9

  • Tinggi : 1,98 meter
  • Lebar : 13,66 – 5,64 meter

Kompetisi Sepakbola U-10

  • Tinggi : 1,98 – 2,13 meter
  • Lebar : 5,64 – 6,4 meter

Kompetisi Sepakbola U-11

  • Tinggi : 1,98 – 2,44 meter
  • Lebar : 5,64 – 7,32 meter

Kompetisi Sepakbola U-12

  • Tinggi : 13 – 2,44 meter
  • Lebar : 6,4 – 7,32 meter

Nah, itulah sedikit pengertian mengenai sepak bola beserta ukuran lapangan, gawang, kotak pinalti, dan diameter lingkaran tengah lapangan. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here